Rivan Purwantono Ingatkan Mahasiswa Beradaptasi di Era Digital

Senin, 19 Agustus 2024 – 20:41 WIB
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono sebagai narasumber utama dalam kuliah umum di UI. Foto: dok. Jasa Raharja

jpnn.com, DEPOK - Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI) mengadakan kuliah umum untuk mahasiswa baru dengan menghadirkan Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono sebagai narasumber utama.

Acara ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting FIA UI, termasuk Dekan FIA UI, Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si, MM; Ketua Dewan Guru Besar FIA UI, Prof. Dr. Any Yayuk Sri Rahayu, M.Si; dan Ketua Senat Akademi Fakultas, Dr. Ning Rahayu, M.Si.

BACA JUGA: Rivan Purwantono: Tema Nusantara Baru, Indonesia Maju Sebagai Titik Awal untuk Masa Depan

Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang enterpreneurship dan leadership dalam konteks ekonomi digital.

Dalam diskusi bertema "Enterpreneurship and Leadership in Digital Economy," Rivan menekankan pentingnya adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi (IT) yang makin pesat.

BACA JUGA: Rivan Purwantono: Korban Laka Tol Japek KM 58 Seluruhnya Terjamin Jasa Raharja

Dia menyampaikan bahwa digitalisasi kepemimpinan memiliki dampak signifikan terhadap berbagai aspek dalam organisasi, termasuk kinerja organisasi, proses pengambilan keputusan, loyalitas karyawan, serta tingkat keterlibatan karyawan dalam lingkungan kerja.

"Lebih dari 87 persen karyawan yang bekerja di organisasi yang menerapkan kepemimpinan digital merasa lebih bersemangat dan terlibat langsung dengan pekerjaan mereka," ungkap Rivan, yang menekankan betapa pentingnya peran kepemimpinan digital dalam menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan produktif.

BACA JUGA: Gelar Program RBB, Jasa Raharja & Anggota IFG Kolaborasi Tingkatkan Potensi Alam

Rivan juga menyoroti bahwa adaptasi terhadap teknologi bukan semata-mata untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional, tetapi juga membentuk mindset positif yang berorientasi pada kontribusi dan manfaat bagi lingkungan sekitar.

Menurutnya, adaptasi teknologi yang disertai dengan sikap proaktif dan konstruktif akan menjadi kunci dalam menghadapi tantangan-tantangan yang muncul di era ekonomi digital.

Dalam pesannya kepada para mahasiswa baru UI, Rivan mendorong dan memberikan motivasi mereka untuk tidak membatasi diri dalam mengejar impian.

Dia menggarisbawahi bahwa perjuangan yang dilakukan saat ini akan membawa mereka menuju cita-cita yang diidamkan.

Lebih lanjut, Rivan menekankan bahwa menjadi yang terbaik bukanlah hal yang mustahil.

Dia meyakini bahwa pencapaian tersebut dapat diraih melalui tekad yang kuat dan kontribusi yang konsisten dalam setiap langkah yang diambil.

Pesan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para Gen-Z untuk menghadapi masa depan dengan optimisme dan kesiapan dalam menghadapi tantangan di era digital.

Kuliah umum ini menjadi momen penting bagi para mahasiswa baru untuk mendapatkan wawasan dan motivasi dari seorang pemimpin yang berpengalaman dalam mengelola perubahan di era digital.

Pesan-pesan yang disampaikan oleh Rivan, diharapkan dapat membekali para mahasiswa dengan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya kepemimpinan yang adaptif dan inovatif di tengah perubahan yang semakin cepat di dunia kerja dan bisnis. (jpnn.com)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler