Roberto Mancini Meminta Italia Lupakan Euforia Juara EURO 2020

Kamis, 02 September 2021 – 13:18 WIB
Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini sedang mengangkat trofi EURO 2020. Foto: Twitter @Robymanchio

jpnn.com, ROMA - Timnas Italia sedang melakukan persiapan jelang laga kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Bulgaria di Stadion Artemio Franchi, Jum'at (03/09) dini hari WIB.

Sang pelatih, Roberto Mancini, meminta anak asuhnya tidak cepat puas usai menjuarai EURO 2020.

BACA JUGA: Roberto Mancini Sebut Sosok Ini Pantas Meraih Gelar Ballon dOr 2021

Sejauh ini, Gli Azzurri -julukan timnas Italia- masih memegang rekor 34 laga tak terkalahkan.

"Tim besok (melawan Bulgaria, red) tidak jauh berbeda dengan tim yang memainkan Final EURO 2020 melawan Inggris. Kami berharap momen itu bisa menjadi awal dari seluruh era kesuksesan Azzurri," tutur Mancini.

BACA JUGA: 5 Transfer Besar Pesepak Bola Top yang Gagal Terjadi di Musim Ini

Meski begitu, pelatih berusia 56 tahun ini ia tak pernah memberi jaminan bagi 26 penggawa timnas Italia yang menjuarai EURO 2020 akan menyegel tempat di starting line up.

"Tidak ada jaminan 26 pemain kami yang menjuarai EURO 2020 akan selalu menjadi pilihan utama. Mereka yang lebih fit akan bermain karena mereka pantas mendapatkan kesempatan," tambah dia.

BACA JUGA: Hector Bellerin Rela Potong Gaji Demi Gabung Real Betis

Mancini mengaku laga Italia ke depannya akan jauh lebih sulit karena lawan memiliki keinginan lebih untuk mengalahkan mereka yang berstatus negara terbaik di Eropa.

Ia ingin anak asuhnya tetap menunjukkan mentalitas juara di setiap pertandingan, tetapi juga tak boleh menganggap remeh siapa pun lawannya.

"Kemenangan kami di EURO 2020 mengubah pandangan orang terhadap tim ini (Italia, red)."

"Kami harus menunjukkan mentalitas baru selepas EURO karena masih ada lima pertandingan Kualifikasi Piala Dunia yang tersisa dan 14 bulan sebelum Piala Dunia 2022 dimulai," tambah dia.

Ada beberapa perubahan dari skuad EURO 2020 dengan hadirnya sejumlah muka baru seperti bintang AS Roma, Nicolo Zaniolo dan pemain baru Juventus, Moise.

Mancini menyebut kehadiran dua pemain muda itu bakal menambah kualitas skuad Italia.

"Beberapa pemain kembali dari cedera, penting bagi Nicolo Zaniolo untuk merasa baik dan perannya tidak akan menjadi masalah."

"Sementara Moise Kean adalah pemain muda dengan kualitas hebat, dia tidak bergabung dengan kami untuk EURO dan saya menyesal untuk itu, tetapi dia tahu dia akan kembali," tutur sang pelatih.

Italia dijadwalkan bakal bermain melawan tiga negara di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pertama mereka akan berhadapan dengan Bulgaria pada (3/9) sebelum berhadapan dengan Swiss (6/9) dan Lituania (9/9).(footballitalia/mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler