Rodriguez Menang, Froome Pimpin Lomba

Jumat, 15 Februari 2013 – 10:52 WIB
MUSCAT - Seperti diprediksi, etape keempat Tour of Oman 2013 yang berupa tanjakan sangat menguntungkan para climber. Buntutnya, pergeseran pimpinan general classification pun terjadi.

Pembalap Katusha Joaquim Rodriguez meraih kemenangan etape keempat yang lokasi finisnya berada di Jabal Al Akhdhar atau Green Mountain kemarin. Dia mengalahkan kelompok kecil yang berisi para pembalap unggulan.

Di antaranya Alberto Contador (Saxo Bank-Tinkoff Bank), Chris Froome (Team Sky), Cadel Evans (BMC) dan Vincenzo Nibali (Astana). Froome menjadi pimpinan grup tersebut. Selanjutnya berturut-turut, Evans, Contador dan Nibali mengisi lima besar finis terdepan.

Rombongan para climber baru bisa berada di depan saat lomba menyisakan sekitar 20 km. Tanjakan membuat mereka kian menjauh dari para pesaing lainnya.

Contador yang pertama kali menjadi pimpinan. Sedangkan Rodriguez terus bertahan di rombongan depan dan baru mendapatkan timing yang bagus untuk melepaskan diri jelang finis.

Rodriguez sempat berjarak hingga 20 detik dari empat pesaingnya. Namun, Froome mencoba mengejar di 4 km terakhir. Hingga finis, Rodriguez mampu mempertahankan posisinya, tapi Froome hanya tertinggal 4 detik.

Meski tak menjadi pemenang, Froome membuat perbedaan besar di general classification. Dia melonjak ke posisi teratas, adapun Rodriguez hanya menempati posisi kelima. Froome pun menggeser Peter Sagan (Cannondale) yang dua hari beruntun mengenakan red jersey tanda pimpinan lomba.

Sagan yang seorang sprinter kedodoran di akhir lomba. Dia masuk finis terpisah jarak hampir 9 menit dari Rodriguez. Posisinya di general classification pun merosot jauh, hingga terlempar ke posisi ke-54.(ady/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Messi Berencana Pulang Kampung

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler