Rohaniwan Harapkan Golkar Tunjuk Bamsoet Jadi Ketua DPR

Senin, 08 Januari 2018 – 10:59 WIB
Bambang Soesatyo. foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kursi ketua DPR RI hingga kini masih belum terisi sejak Setya Novanto jadi pesakitan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan Golkar yang berhak atas kursi ketua DPR hingga saat ini belum menunjuk pengganti Novanto.

Namun, harapan yang muncul adalah agar Golkar menunjuk sosok tepat sebagai ketua DPR. Harapan itu juga muncul dari rohaniwan Benny Susetyo.

BACA JUGA: PD Minta Golkar Cari Ketua DPR yang Penuhi Tiga Kriteria Ini

Dalam pandang Benny, sosok legislator Golkar yang pas untuk memimpin DPR adalah Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Tokoh agama yang kondang disapa dengan panggilan Romo Benny itu menyebut Bamsoet berpengalaman dan punya visi untuk membuat DPR menjadi lebih baik.

"Bamsoet punya visi, mantan wartawan, lama di parpol. Dia punya kemampuan lobi yang baik," ujar Romo Benny, Minggu (7/1).

BACA JUGA: Siapa Pengganti Novanto? Begini Penjelasan Fadli Zon

Menurut Romo Benny, stigma pragmatisme selama ini sudah melekat kepada DPR. Parlemen seolah menjadi lembaga politik tanpa keadaban karena anggota-anggotanya terseret korupsi. 

Namun, Romo Benny menilai Bamsoet memiliki visi antikorupsi. Dia mengaku mencermati sejumlah tulisan Bamsoet yang sudah menjadi beberapa buku.

BACA JUGA: Golkar Resmi Usung Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi

"Di buku-buku Bamsoet jelas dia memerangi korupsi. Di mana ada visi DPR dibangun dan bisa mengawasi pemerintah. Menurut saya dia (Bamsoet, red) cocok (menjadi ketua DPR, red) di era milenial begini," katanya.

Namun, diakuinya bahwa ada beberapa kriteria yang harus dimiliki ketua nantinya. Pertama, ketua DPR bisa membangun keadaban politik dengan menjaga moralitas berbangsa dan bernegara.

Kedua, ketua DPR diharapkan bisa memperbaiki kinerja lembaga legislatif. Pasalnya, DPR selama ini justru banyak diwarnai konflik kepentingan, termasuk dalam pembuatan undang-undang. "Jadi fokus bikin legislasi," paparnya.

Ketiga, ketua DPR harus fokus mengawasi pemerintah demi kepentingan rakyat. Keempat, ketua DPR harus mampu menyinergikan berbagai fraksi demi kepentingan bangsa dan negara. 

“Tentu saja kalau friksi terus terjadi, pasti takkan maju. Harus ada sinergi dengan pemerintah untuk apa yang dicapai ke deapan. Sebab persaingan bangsa ke depan sangat besar. Apalagi politik kita penuh dengan potesi konflik," ucapnya. 

Dari sejumlah kriteria yang disebutnya itu, dia menilai DPR membutuhkan negarawan. "Dan Bamsoet mampu dengan track record-nya. Ditambah pastinya Bamsoet memiliki kedekatan dengan kalangan wartawan dan media,” imbuhnya.(aim/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anak Buah Surya Paloh Jagokan Bamsoet untuk Pimpin DPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler