Romario Kritisi Peran FIFA di Piala Konfederasi  

Minggu, 23 Juni 2013 – 20:02 WIB
BRASILIA - Kritik terhadap gelaran Piala Konfederasi tak hanya datang dari masyarakat awam. Banyak insan sepakbola Brazil yang juga melayangkan kritik mengenai gelaran yang berlangsung pada 15-30 Juni tersebut.

Romario adalah salah satu insan sepakbola Brazil yang jengah dengan gelaran tersebut. Striker yang mengantarkan Brazil menjadi juara di Piala Dunia 1994 itu geram dengan banyaknya uang yang dikeluarkan pemerintah untuk kejuaraan tersebut.

Namun, kritikan Romario lebih banyak ditujukan pada FIFA sebagai induk sepakbola dunia. Menurutnya, FIFA telah melakukan hal yang melebihi batas. Salah satunya ialah dengan menggunakan pengaruh demi kesuksesan even tersebut.

“FIFA menggunakan banyak uang kami. Itu adalah uang rakyat Brazil. FIFA datang ke Brazil dan membentuk negara dalam negara. Mereka tidak membayar pajak. FIFA membuat sirkus tanpa membayar apapun, namun mereka mendapatkan banyak hal dari kami,” kritik Romario dalam pernyataannya yang diunggah ke YouTube seperti dilansir Goal, Minggu (23/6).

Pria berusia 47 tahun tersebut juga menyindir terjadinya banyak kecurangan dalam keuangan yang digunakan untuk pembiayaan even itu. Menurut pemain yang mencetak 55 gol dalam 70 pertandingan bersama Timnas Brazil itu, jumlah uang yang dikeluarkan pemerintah untuk membiayai Piala Konfederasi sangatlah besar.

“Uang yang dikeluarkan untuk membiayai pembangunan Stadion Mane Garincha bisa untuk membangun 150 ribu rumah. Tapi pemerintah Brazil malah membangun stadion dibanding membangun rumah. FIFA benar-benar presiden di Brazil,” sindir Romario. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indonesia Rebut Juara Umum Kejuaraan Dunia WKF

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler