Romelu Lukaku Mejan, Belgia Angkat Koper dari Qatar

Jumat, 02 Desember 2022 – 01:46 WIB
Romelu Lukaku saat bermain untuk Belgia pada laga matchday pungkasan Grup F Piala Dunia 2022 melawan Kroasia. Foto: Twitter/@OptaJean

jpnn.com, AR-RAYAN - Laga antara Kroasia melawan Belgia pada matchday pungkasan Grup F Piala Dunia 2022 berakhir imbang tanpa gol.

Kedua tim harus puas berbagi angka dengan skor 0-0 dalam laga yang berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Kamis (1/12) malam WIB itu.

BACA JUGA: Sikap Tegas Timnas Belgia Soal Romelu Lukaku Menjelang Piala Dunia 2022

Pada pertandingan tersebut, Belgia yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar menyimpan beberapa pemain intinya, antara lain, Eden Hazard dan Romelu Lukaku.

Namun, strategi tersebut kurang berjalan apik karena lini depan timnas asuhan Roberto Martinez itu kurang garang.

BACA JUGA: Kroasia Membantai Kanada, Ada Gol Tercepat Piala Dunia 2022, tetapi Belum 10 Besar

Pada babak pertama, beberapa peluang yang diciptakan oleh pemain Belgia, seperti Dries Mertens dan Yannick Carrasco, belum mampu menembus jala gawang Kroasia yang dikawal Dominik Livakovi.

Kroasia sejatinya punya peluang mencetak gol pada babak pertama setelah gelandang Belgia Yannick Carrasco melanggar Andrej Kramaric di dalam kotak penalti.

BACA JUGA: Rambut Putih Belgia

Namun, wasit Anthony Taylor yang awalnya menunjuk titik putih justru mmengubah keputusannya setelah melihat video assistant referee (VAR).

Perubahan keputusan itu didasari VAR yang menunjukkan bek Kroasia Dejan Lovren berada di posisi offside terlebih dahulu sebelum pemain Belgia melakukan pelanggaran.

Pada babak kedua, Belgia yang memburu gol memasukkan para pemain bertipe menyerang, seperti Romelu Lukaku, Jérémy Doku, dan Eden Hazard.

Tim berjuluk Red Devils itu sempat menciptakan peluang bagus melalui Lukaku di depan gawang Kroasia.

Namun, bomber yang merumput di Inter Milan itu membuang peluang emas tersebut karena bola sundulannya di depan gawang Kroasia yang sudah kosong masih melambung.

Mantan penyerang Manchester United dan Chelsea itu kembali membuang peluang di akhir babak kedua.

Lukaku yang menerima umpan manis Hazard gagal menjangkau bola di depan gawang Livakovic.

Hasil itu membuat Belgia harus angkat koper dari Piala Dunia 2022. Capaian itu terbilang kurang apik karena semifinalis Piala Dunia 2014 tersebut dikenal sebagai tim yang menakutkan dengan produktivitas gol terbanyak sepanjang turnamen.

Sebaliknya, hasil tersebut mengantar Kroasia menembus babak 16 besar turnamen sepak bola terakbar di dunia it.

Tim berjuluk Vatreni itu menemani Maroko yang juga lolos ke babak 16 besar dari Grup F Piala Dunia 2022.

Maroko menembus fase gugur setelah mengatasi perlawanan Kanada dengan skor 2-1.(mcr16/jpnn)

Susunan pemain Kroasia vs Belgia

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic/Lovro Majer (90); Andrej Kramaric/Mario Pasalic (64), Marko Livaja/Bruno Petkovic (64), Ivan Perisic

Pelatih: Zlatko Dalic

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Leander Dendoncker/Youri Tielemans (72), Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Thomas Meunier/Eden Hazard (87), Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Timothy Castagne; Leandro Trossard/Thorgan Hazard (59), Yannick Carrasco/Jeremy Doku (72); Dries Mertens/Romelu Lukaku (46)

Pelatih: Roberto Martinez


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler