Ronaldo Gagal Cetak Gol di Farewell

Kamis, 09 Juni 2011 – 21:32 WIB
Ronaldo. Foto: REUTERS/Paulo Whitaker

SAO PAULO - Hari Valentine tahun ini mungkin bakal dikenang Ronaldo sebagai hari paling mengharukan dalam hidupnyaYa, pada 14 Februari lalu, Ronaldo mengumumkan gantung sepatu dari pentas sepak bola

BACA JUGA: Pukul Heat, Mavericks Belum Habis

Eks striker Brazil yang dikenal karena gigi tonggosnya itu pensiun di usia 34 dengan klub terakhirnya adalah Corinthians.

Ronaldo memilih pensiun setelah kondisi fisiknya tidak lagi bersahabat untuk terus berkarir di olahraga yang digelutinya selama 18 tahun itu
Pemain terbaik dunia tiga kali itu juga terus-terusan bergelut dengan cedera serta menderita hypothyroidism (kekurangan hormon tiroid).

Tapi, tidak lengkap rasanya bagi mantan pesepak bola top dunia pensiun tanpa melangsungkan pertandingan perpisahan (farewell)

BACA JUGA: Tuan Rumah Menang Mudah

Uji coba Brazil versus Rumania di Stadion Paceumbu, Sao Paulo, pun dipilih sebagai farewell Ronaldo
Tentu saja Ronaldo tidak turun penuh dalam laga yang dimenangi Brazil dengan skor 1-0 itu.

Ronaldo hanya merumput selama 15 menit terakhir babak pertama

BACA JUGA: Hingga Stage 4, Amir Zargari Masih Tercepat

Ronaldo masuk pada menit ke-30 untuk menggantikan Fred yang mencetak gol Brazil delapan menit sebelumnyaSayang, Ronaldo gagal mengikuti jejak Fred mencetak gol sekalipun memiliki tiga peluang.

Tiga menit setelah masuk lapangan, Ronaldo langsung memberi ancamanNamun, tendangan mantan striker Barcelona dan Real Madrid itu masih bisa diblok kiper Rumania Ciprian TatarusanuBeberapa menit kemudian, Ronaldo juga gagal memaksimalkan umpan matang Robinho.

Pada menit ke-39, Ronaldo memperoleh peluang terbaiknya setelah tidak terkawal di depan gawang dan berhadapan dengan kiperNamun, tendangan pemain yang pernah berkostum Inter Milan dan AC Milan malah melambungSangat kontras dengan masa jayanya duluRonaldo bahkan dijululi The Phenomenon (si Fenomenal) karena prosesi gol-gol luar biasa yang diciptakannya

"Maaf karena penyelesaian akhir saya tidak benar," ucap Ronaldo dengan mimik wajah kecewa seperti dikutip Associated PressRonaldo memang gagal mencetak golNamun, dia terhibur dengan seremoni perpisahan untuknya saat jeda pertandingan.

"Terima kasih atas apa yang telah kalian lakukan dalam karir sayaKetika saya menangis, kali menangis bersama sayaKetika saya tersenyum, kalian juga tersenyumSampai jumpa, tapi di pinggir lapangan," urai pemilik 98 caps dan 62 gol itu.

Begitu Ronaldo selesai berbicara, seisi stadion spontan memberikan aplausRonaldo lalu membalas aplaus itu dengan mengambil bendera Brazil dan menempatkannya di punggungSembari membawa bola, dia berjalan mengelilingi lapangan"Saya bangga menjadi orang Brazil," ucapnya.

Setelah itu, Ronaldo menerima plakat khusus dari Federasi Sepak Bola Brazil (CBF)Plakat itu merupakan apresiasi dari CBF karena partisipasi Ronaldo bersama Brazil di empat kali Piala Dunia (1994, 1998, 2002, dan 2006) dan berhasil mengemas 15 gol

Di salah satu tribun stadion dibentangkan banner yang menunjukkan laga ketika dia mencetak 15 golnya ituJuga ada banner bertuliskan "Brazil berterima kasih kepada Ronaldo" serta "Hanya ada satu Ronaldo"(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Stage 4 TdS, Pebalap Iran Mulai Tergoyahkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler