Rosa Takut Ungkap Nama Makelar Proyek DPR

Kamis, 11 Oktober 2012 – 12:24 WIB
JAKARTA - Terpidana kasus suap wisma Atlit yang juga anak buah Muhammad Nazaruddin,  Mindo Rosalina Manulang mengaku mengetahui sejumlah nama anggota DPR RI yang menjadi makelar proyek di kementerian-kementerian.  Namun, Rosa takut mengungkapkan nama-nama itu. Padahal,  Majelis Hakim di pengadilan Tipikor yang menyidangkan perkara dengan terdakwa Angelina Sonadakh berusaha meyakinkannya, bahwa  ia tak perlu takut untuk mengungkapkan kebenaran. Rosa tetap mengelak menjawabnya dengan alasan nama-nama itu tak terkait dengan kasus  yang menjerat Angie saat ini.

"Iya benar (ada juga anggota DPR lainnya). Tapi Yang Mulia, ini tidak terkait dengan kasus  yang sedang disidangkan ini,” ujar Rosa saat bersaksi  untuk Angie di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan, Kamis  (11/10)

Hakim yang mendengar  jawaban Rosa pun langsung berusaha menyakinkannya bahwa ia dapat membeberkan apapun di luar kasus tersebut, agar penegak hukum dapat mengembangkannya lebih lanjut.

“Tidak boleh hanya terbatas seperti ini, supaya terbuka semuanya. Saksi enggak usah takut.  Takut sama Tuhan saja. Apa pun yang terjadi kalau dibiarkan, nanti yang terhukum  hanya ini saja, tidak bisa terungkap oknum-oknum lainnya. Sebut saja nama-namanya siapa," kata salah satu anggota majelis hakim.

Rosa terdiam  beberapa saat. Ia tampak ragu menjawab pertanyaan anggota hakim majelis tersebut.

"Saya enggak berani, tapi memang ada itu (anggota DPR, makelar proyek),” tutur Rosa perlahan. Ia masih tampak ragu. Rosa pun membenarkan pertanyaan hakim bahwa makelar proyek  ada di setiap komisi di DPR RI.

"Setiap komisi ada," jawabnya singkat

Majelis Hakim akhirnya tidak dapat memaksakan Rosa untuk menjawab.

"Saudara saksi, Tuhan sayang pada orang yang jujur," ucap hakim pada Rosa yang masih terdiam.(flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenakertrans Gandeng ILO Kerjasama Padat Karya

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler