Rossi Butuh Langkah Besar

Terjatuh saat Kualifikasi, Start Posisi ke-14

Senin, 29 Agustus 2011 – 10:20 WIB
INDIANAPOLIS - Valentino Rossi dan Ducati harus tahu diri dalam menjalani sisa balapan MotoGP musim 2011Makin sulit bagi mereka untuk mengejar persaingan dengan para rider Honda dan Yamaha.

Kendati sudah mengeluarkan usaha maksimal, jarak Ducati dengan dua pabrikan Jepang itu masih jauh

BACA JUGA: Gomes Baru Dikontrak GU Usai Lebaran

Hasil kualifikasi MotoGP Indianapolis kemarin dini hari memberikan gambaran jelas bagi Ducati.

Maksud hati ingin mengulang prestasi di MotoGP sebelumnya di Brno, Republik Ceko, yaitu start dari baris kedua, Rossi malah terjatuh di sesi kualifikasi
Akibatnya, dia gagal menciptakan waktu yang kompetitif dan harus puas start dari posisi ke-14

BACA JUGA: 1 Jordania v Indonesia 0: Lampu Kuning!

Pembalap Repsol Honda Casey Stoner kembali meraih pole di balapan itu.

Rossi kehilangan kendali di bagian depan sepeda motornya hanya sepuluh menit setelah babak kualifikasi dimulai
Juara dunia tujuh kali itu merasa frustrasi setelah mengalami kecelakaan

BACA JUGA: Timnas U-23 Coret Empat Pemain

Menurut Rossi, ada perbedaan pengaturan di bagian depan sepeda motor GP 11.1-nya sehingga dia tidak dapat menemukan perasaan dari bagian itu.

"Sejak jatuh, seluruh sisa babak kualifikasi menjadi sulit karena motor kedua memiliki setting yang berbedaSaya kehilangan sepasang ban baru dan memulai dengan ban yang sudah dipakaiSaya tidak dapat menemukan feel dari motornya," kata Rossi.

Sebelum sesi kualifikasi berlangsung, Rossi menegaskan bahwa Ducati masih belum berada di posisi untuk memberikan tantangan bagi Honda atau YamahaDi Indianapolis, Ducati tak membawa update baruPadahal, untuk menantang Honda dan Yamaha, harus ada perubahan dan peningkatan besar.

Jadi, tambah Rossi, akan mustahil untuk melihat dirinya atau rekan setimnya Nicky Hayden bersaing head to head atau setidaknya memberi ancaman pada pembalap terdepan seperti duo Repsol Honda Stoner dan Dani Pedrosa, atau jagoan Yamaha Factory Jorge Lorenzo.

"Butuh langkah besar untuk mencoba dan bertarung untuk kemenangan, terutama dengan Jorge dan Casey yang tercepat, juga dengan DaniSekarang adalah fase yang penting dan Ducati terus bekerja," kata Rossi.

Rossi melanjutkan, pengembangan di sisa musim memang masih mustahil untuk mendapatkan kemenanganNamun, itu akan menjadi langkah besar menuju uji coba post season di Valencia, November.

"Motor di Valencia tak akan sama dengan motor untuk di Qatar (awal musim baru), tapi kami putuh pemahaman untuk kemajuanYang saya lihat di lintasan, mesin tak terlalu burukSayangnya, kami kehilangankeunggulan yang dimiliki Ducati di tahun-tahun sebelumnya," beber Rossi.

Bagi Rossi, ketertinggalan Ducati dari Honda dan Yamaha adalah saat keluar dari tikungan menuju trek lurus di akhir tiap lapDia menegaskan, masalahnya bukan pada mesinUntuk sementara, konsentrasi harusdicurahkan untuk hal itu.

"Dalam situasi ini, hal buruknya adalah karena kami Ducati yang tak sebesar Honda dan YamahaKami harus memperbaiki masalah besarnyaJika hal itu bisa dilakukan, maka kami bisa berusaha meningkatkan sisi mesinnya," terangnya(ady/aww)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Keluarga Datang, Tevez Lebih Fokus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler