RS Medistra Jakarta Gunakan VELYS Robotic untuk Operasi Implan Lutut

Kamis, 11 Juli 2024 – 18:13 WIB
pesialis Orthopedi dan Traumatologi Prof. (HCUA) Nicolaas C. Budhiparama bersama Spesialis Orthopedi & Traumatologi RS Medistra Dr. Kiki Novito, SpOT dan Presiden Direktur Rumah Sakit Medistra Jakarta Monica S Lembong mengadopsi teknologi canggih VELYS Robotic-Assisted Solution for Knee Replacement dalam prosedur operasi implan lutut. Foto: Humas RS Medistra

jpnn.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi kedokteran kian pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang terus bertumbuh.

Terlebih lagi peran kaki sebagai penopang tubuh sangat penting bagi mereka yang melakukan berbagai aktivitas.

BACA JUGA: Berita Duka: H Darmawan Mukti Meninggal Dunia di RS Medistra Jakarta

Bahkan terkini, presiden terpilih Prabowo Subianto juga diketahui baru saja melakukan operasi kaki di dalam negeri.

Tingginya kebutuhan masyarakat akan penanganan cedera lutut mendorong Rumah Sakit Medistra Jakarta mengambil langkah revolusioner dengan menghadirkan VELYS Robotic-Assisted Solution for Knee Replacement dalam prosedur operasi implan lutut.

BACA JUGA: RS Medistra Meluncurkan Program Baru untuk Pasien COVID-19

VELYS Robotic, asisten robot terbaru dan paling canggih, menawarkan keunggulan yang luar biasa untuk mendukung dokter bedah dalam menjalankan operasi pada lutut pasien dan RS Medistra menjadi rumah sakit pertama yang menerapkan teknologi canggih

Dilengkapi dengan kamera sensor yang dapat memberikan detail ukuran setiap sisi anatomi lutut yang akan disasar selama proses bedah, VELYS Robotic juga membantu dokter bedah untuk bekerja dengan presisi yang tinggi dan akurasi yang luar biasa.

BACA JUGA: Teknologi Implant Aligner, Solusi Implan Gigi tanpa Bedah dengan Harga Terjangkau

Dengan bantuan teknologi ini, prosedur operasi implan lutut menjadi lebih tepat sasaran, efisien, dan mengurangi risiko kesalahan.

Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Prof. (HCUA) Nicolaas C. Budhiparama menyoroti manfaat dari kolaborasi antara manusia dan teknologi.

“Kolaborasi antara kami sebagai dokter bedah dengan sistem Robotic, terutama dalam prosedur implan lutut, tentunya menambah akurasi dan dinamika operasi serta mempercepat proses penyembuhan dan memastikan hasil dengan akurasi yang terbaik untuk pasien,” ujar Nicolaas dalam keterangan tertulis pada Rabu (10/7).

Dia berharap penggunaan VELYS Robotic dalam operasi implan lutut di Rumah Sakit Medistra Jakarta dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pasien.

Pascaoperasi, kata dia, pasien dapat menikmati hasil yang nyaman dan alami, sementara proses operasi menjadi lebih dinamis dengan memungkinkan pasien lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum menjalani prosedur operasi.

Spesialis Orthopedi & Traumatologi RS Medistra Dr. Kiki Novito, SpOT menambahkan kolaborasi antara teknologi dengan manusia dapat menjadi sangat dinamis.

“Dengan kolaborasi antara kami para dokter bedah dan Velys Robotic khususnya untuk operasi implan lutut membuat segalanya menjadi lebih dinamis, presisi dan lebih sedikit invasif. Tentu yang menjadi tujuan utama kami adalah kesembuhan dan kebaikan para pasien,” ujar dokter Kiki.

Keputusan Rumah Sakit Medistra Jakarta untuk mengadopsi teknologi canggih VELYS Robotic-Assisted Solution for Knee Replacement dalam prosedur operasi implan lutut tidak diambil secara sembarangan.

Sebaliknya, rumah sakit telah melalui proses uji coba yang intensif dan cukup lama sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan VELYS Robotic sebagai asisten robot dalam prosedur bedah mereka.

Presiden Direktur Rumah Sakit Medistra Jakarta Monica S Lembong mengatakan dengan mengadopsi teknologi VELYS Robotic, pihanya berkomitmen untuk memberikan standar pelayanan kesehatan yang terbaik dan terdepan bagi pasiennya.

“Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi prosedur bedah, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup pasien pasca operasi, dengan harga yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat, harganya pun tidak terlalu jauh berbeda dengan TKR Konvensional,” ujar Monica.

Selama fase pengkajian dan uji coba, VELYS Robotic terbukti mampu dengan baik dan real-time menggambarkan anatomi dari lutut pasien.

Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi dokter bedah dalam memvisualisasikan bagian dalam lutut secara akurat, membantu mereka dalam memandu proses operasi dengan presisi yang tinggi.

Rumah Sakit Medistra Jakarta melihat teknologi VELYS Robotic sebagai langkah maju dalam upaya mereka untuk terus meningkatkan mutu layanan kesehatan dan mempersembahkan yang terbaik bagi pasien. Dengan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini, rumah sakit Medistra selalu siap memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler