RS Medistra Sukses Menjalankan Operasi Pertama di Indonesia dengan Velys Robotic

Minggu, 11 Agustus 2024 – 11:07 WIB
Spesialis Orthopedi & Traumatologi Rumah Sakit Medistra Prof. (HCUA) Nicolaas C. Budhiparama, MD, PhD (LUMC,NL), PhD (UGM, ID), Sp.OT(K), FICS mengumumkan peluncuran alat bedah tercanggih, yaitu VELYS-Robotic Assisted Solution yang diresmikan pada 9 Juli 2024. Foto: Humas RS Medistra

jpnn.com, JAKARTA - RS Medistra dengan bangga mengumumkan peluncuran alat bedah tercanggih, yaitu VELYS-Robotic Assisted Solution yang diresmikan pada 9 Juli 2024.

Operasi pertama telah sukses dilakukan pada 11 Juli 2024 lalu, yang menjadikan RS Medistra sebagai rumah sakit pertama di Indonesia yang melakukan operasi implan lutut dengan bantuan robot.

BACA JUGA: RS Medistra Jakarta Gunakan VELYS Robotic untuk Operasi Implan Lutut

Dalam persiapan pelaksanaan operasi pertama, RS Medistra telah melakukan persiapan matang dan menyeluruh, termasuk pelatihan intensif bagi dokter dan tenaga medis terkait.

Langkah ini diambil untuk memastikan setiap prosedur operasi dengan menggunakan Velys Robotic dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi pasien.

BACA JUGA: RS Medistra Meluncurkan Program Baru untuk Pasien COVID-19

Meskipun penggunaan Velys Robotic pertama kali digunakan di RS Medistra, namun dapat dipastikan para dokter yang menjalankan prosedur operasi adalah yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Spesialis Orthopedi & Traumatologi Rumah Sakit Medistra Prof. (HCUA) Nicolaas C. Budhiparama, MD, PhD (LUMC,NL), PhD (UGM, ID), Sp.OT(K), FICS menyatakan sangat bangga dapat menghadirkan VELYS Robotic di RS Medistra.

BACA JUGA: Adian Napitupulu Akan Dirawat di RS Medistra Jakarta

Selain meningkatkan akurasi dan keamanan dalam prosedur bedah, teknologi robotik juga mempercepat pemulihan pasien.

RS Medistra telah sukses melaksanakan operasi pertama dengan VELYS Robotic beberapa hari yang lalu.

“Kami juga akan memberikan testimoni dari para pasien yang telah dioperasi dan hasilnya. Saat ini, kami juga mendapatkan beberapa permintaan fellowship dari beberapa dokter bedah muda dari beberapa negara tetangga. Kami berharap ini akan menjadi tonggak penting dalam kemajuan layanan medis berbasis robotik di Indonesia,” ujar Nicolaas.

Salah satu pasien pertama yang menjalani operasi menggunakan Velys Robotic, memberikan pengalaman operasi “Sejak awal, dokter di RS Medistra telah memberikan informasi yang sangat detail tentang operasi ini, termasuk kecanggihan teknologi Velys Robotic.

Hal ini membuat saya merasa sangat yakin dan percaya untuk menjadi pasien pertama yang menjalani operasi ini di Indonesia.

“Alhamdulillah, operasi berjalan dengan sangat lancar dan saya merasa sangat puas dengan hasilnya. Setelah 2 minggu pasca operasi saya merasa perubahan yang cukup signifikan dan positif dengan perlahan sudah dapat beraktivitas dengan durasi berdiri yang lebih lama,” ujarnya.

Spesialis Orthopedi & Traumatologi RS Medistra Dr. Kiki Novito, SpOT mengatakan setelah proses operasi pasien akan terus dipantau.

“Pasca operasi dengan Velys Robotic pasien akan terus kami pantau perkembangannya, meskipun pasien yang telah melakukan operasi merasa dampak yang sangat positif, namun prosedur seperti fisioterapi dan mengkonsumsi obat yang telah diresepkan harus tetap dilakukan secara rutin untuk masa pemulihan yang lebih baik dan sesuai harapan,” ujarnya.

Pasca-operasi implan lutut menggunakan Velys Robotic, pasien tetap harus menjaga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan seimbang. Hal ini juga dilakukan untuk dapat membantu proses penyembuhan setelah operasi menjadi lebih cepat.

Mengenai pentingnya gaya hidup sehat, Minati Atmanegara seorang Health Motivator yang hadir secara langsung dalam talkshow menyampaikan menjaga kesehatan tidak harus dengan olahraga yang berat.

“Pilihlah olahraga yang sesuai dengan umur dan kemampuan fisik. Selain itu, pola makan yang sehat dan seimbang juga sangat penting. Kita bisa mulai dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran serta mengurangi makanan yang tinggi lemak dan gula,” ujar Minati.

RS Medistra terus berkomitmen untuk meningkatkan standar pelayanan kesehatan di Indonesia dengan mengadopsi teknologi medis terbaru dan visioner.

Velys Robotic adalah langkah maju dalam mewujudkan visi tersebut, dengan memberikan harapan baru untuk pasien di setiap kalangan untuk mendapatkan perawatan terbaik dengan hasil yang optimal.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler