Rumah BUMN Pekanbaru Raih Penghargaan Internasional dari Global Business Magazine

Jumat, 10 Mei 2024 – 13:10 WIB
Beragam kegiatan Rumah BUMN Pekanbaru untuk mendorong kualitas dan profesionalisme pengusaha UMKM binaan. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, PEKANBARU - PT Pertamina (Persero) semakin mengukuhkan posisinya sebagai badan usaha milik negara (BUMN) yang berkomitmen penuh terhadap pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Melalui Rumah BUMN Pekanbaru, Pertamina berhasil menyabet penghargaan Recognized Institution with The Category as The Best SME & Community Development Indonesia 2024 versi Global Business Magazine.

BACA JUGA: Pertamina Teken Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional dengan Baharkam Polri

Penghargaan dari perusahaan publikasi asal Timur Tengah ini diberikan kepada seluruh inovator bisnis, pegiat pasar, dan pemimpin di dunia, dan Pertamina melalui Rumah BUMN Pekanbaru menjadi satu-satunya pemenang.

Rumah BUMN Pekanbaru menjadi satu-satunya entitas asal Indonesia yang memperoleh apresiasi Global Business Magazine.

BACA JUGA: Berkah Ramadan, Rumah BUMN SIG di Rembang Raup Lonjakan Penjualan Hampers

Rumah BUMN Pertamina di Pekanbaru dinilai telah memberikan pendampingan kepada UMKM di Pekanbaru, dan juga telah mengimplementasikan program-program unggulannya kepada komunitas melalui pendekatan terhadap environment (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola) atau ESG.

CFO Rumah BUMN Pekanbaru Erwandi Yanto mengungkapkan penghargaan ini merupakan apresiasi atas kontribusi Rumah BUMN Pekanbaru sebagai TJSL PT Pertamina (Persero) untuk pengembangan UMKM wilayah Provinsi Riau.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Tegaskan Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Penugasan Pemerintah

“Ketika kerja keras membuahkan hasil, kami tentu semakin terpacu untuk lebih memberikan yang terbaik bagi para UMKM, karena pencapaian program-program yang kami dapatkan tidak lepas dari peran para pelaku usaha yang telah melahirkan ide-ide kreatif untuk dapat menghasilkan produk yang berkualitas,” ucap Erwandi.

Menurut Erwandi, selama ini Rumah BUMN Pekanbaru telah menjalankan beberapa innovation program, SME Event, dan millenials program.

Antara lain Karya Nyata Festival Vol. 6 untuk penyelenggaraan Bazar UMKM, RB Energy (Renewable Energy), melakukan inovasi limbah rumah tangga menjadi energi baru, dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), yang dimanfaatkan untuk rumah produksi UMKM.

Selain itu, RB Millenials Ambassador dalam hal pendampingan UMKM oleh generasi Z dan milenial, serta program kemandirian energi maupun operasional Rumah BUMN Pekanbaru.

“Terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan," ucapnya.

Erwandi mengatakan penghargaan ini menjadi motivasi bagi pihaknya untuk terus menciptakan terobosan guna kemajuan UMKM di provinsi Riau, khususnya UMKM binaan Rumah BUMN Pekanbaru.

"Terima kasih juga kepada Pertamina yang telah memberikan kepercayaan sekaligus dukungan kepada kami untuk mendampingi UMKM memulai langkah kecil, hingga ke kancah nasional dan internasional,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, CEO Rumah BUMN Pekanbaru Dian Pratomo menyampaikan penghargaan ini menjadi penyemangat untuk bisa terus kreatif menciptakan program-program baru bagi kemajuan UMKM.

“Kami dari Rumah BUMN Pekanbaru selalu berkomitmen dalam mendampingi dan membantu UMKM untuk semakin naik kelas," ujar Dian Pratomo.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Global Business Magazine kepada Pertamina.

Menurut Fadjar, Pertamina konsisten untuk membantu UMKM untuk naik kelas.

“Penghargaan ini tentunya tidak hanya sebagai wujud konsistensi atas apa yang sudah Pertamina lakukan saat ini kepada UMKM binaannya, tetapi juga sebagai motivasi agar ke depannya bisa terus menjadikan UMKM tangguh dan mandiri,” ucap fadjar.

Pertamina telah secara aktif memberikan pendampingan dan pelatihan terhadap UMKM di 30 Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Langkah ini merupakan upaya Pertamina untuk membekali UMKM dalam menghadapi persaingan global agar siap dan mampu bersaing sehingga produknya bisa diterima masyarakat luas,” terang Fadjar.

Informasi penghargaan ini diumumkan melalui website resmi Global Business Magazine https://globalbizmag.com/global-business-magazine-winners-2024/, Selasa (8/5).

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler