Rumah Paul Nelwan Juga Disasar KPK

Jumat, 02 November 2012 – 19:09 WIB
JAKARTA--Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi SP mengungkapkan, penggeledahan yang dilakukan penyidik Kamis (1/11) juga sampai ke rumah pengusaha Paul Nelwan.

Penggeledahan terkait penyidikan proyek pembangunan Sekolah Olahraga Nasional (SON) Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Rumah yang digeledah beralamat di  Jalan Wahyu blok D Nomor 2 Gandaria dan rumah Jalan Alam Elok VIII Nomor 17

"Jadi ada dua rumah digeledah. Total penggeledahan kemarin menjadi delapan tempat," ujar Johan dalam jumpa pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11).

Paul adalah satu satu kolega dari mantan Sesmenpora, Wafid Muharram yang kini menjadi terpidana di kasus korupsi proyek pembangunan Wisma Atlet. Ia sering membawa proposal-proposal proyek di daerah pada Wafid.

Nama Paul sudah sering disebut dalam sejumlah sidang kasus korupsi, meski ia bukan menjadi tersangka kasus korupsi. Dalam persidangan kasus Angelina Sondakh di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Mindo Rosalina Manulang, anak buah Nazaruddin mengaku berhubungan dengan Wafid untuk pengerjaan proyek Hambalang.

Kemudian yang berhubungan dengan "gedung sebelah" atau DPR, menurut Rosa, adalah Paul Nelwan. Rosa pun menyebut Paul sebagai orang dekat Wafid.

Selain rumah Paul Nelwan, KPK juga menggeledah beberapa tempat di antaranya kantor PT Metaphora Solusi Global di kawasan Grogol, Jakarta Barat, PT Artha Putra Arjuna di Ruko Permata Senayan,  sebuah rumah di Kartika Pinang sektor 7 Pondok Pinang, Jakarta Selatan, serta kantor PT Global Daya Manunggal di Kota Bambu Selatan nomor 3, Jakarta Barat.

Yang pasti salah satu lokasi penggeledahan adalah rumah milik Direktur PT Dutasari Citalaras, Mahfud Suroso yang berlokasi di kawasan Pondok Pinang. PT Dutasari merupakan perusahaan subkontrak PT Adhi Karya dalam proyek Hambalang senilai Rp 1,2 triliun. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Muhaimin Awasi Penetapan Upah Minimum di Batam

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler