Rumah Sakit Jiwa Siapkan Kamar Caleg Gila

Rabu, 08 Januari 2014 – 17:49 WIB

jpnn.com - SURABAYA - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur mempunyai program menarik pada April-Mei mendatang. Rumah sakit tersebut menyiapkan 300 tempat tidur dan 10 kamar di paviliun Puri Anggrek. Tujuannya menampung para calon anggota legislatif (caleg) yang shock ketika gagal menjadi anggota dewan. 

Hal itu diungkapkan Direktur Utama RSJ Menur Surabaya dr Adi Wirachjanto. ''Kami sudah menyiapkan. Sebab, ada potensi untuk itu. Pengalaman yang sudah-sudah menunjukkannya,'' ucapnya. Lima tahun lalu ada sejumlah caleg gagal yang mendapat perawatan di RSJ Menur.

BACA JUGA: Polisi Kaget Saat Lihat Kandang Singa Michael

Menurut Adi, menjadi gila sebenarnya merupakan mekanisme defensif untuk menahan tekanan dari luar. Para caleg tersebut mungkin telanjur mempertaruhkan semuanya dalam pemilu, tapi hasilnya nihil. ''Misalnya, sudah berutang banyak yang berharap bisa ditebus ketika sudah menjadi anggota dewan. Atau, sudah kadung menjual semua harta benda,'' terangnya. 

Kekuatan seseorang ketika mengalami kegagalan yang mungkin dianggap menyeluruh seperti itu tidak sama. Ada yang masih mampu bertahan dan berpikir rasional. Tapi, banyak juga yang tidak kuat. Akibatnya, terjadi stres dan kemudian bertingkah seperti orang gila. ''Terapinya memang bergantung pada tingkat stres yang dialami,'' terangnya. 

BACA JUGA: Serahkan Kematian Singa Michael ke Polisi

Yang dilontarkan Adi itu memang tidak mengada-ngada. Sejumlah kasus caleg yang bertingkah seperti orang gila pernah mencuat di media. Misalnya, ada caleg yang gagal kemudian lari bertelanjang keliling kampung. Ada pula yang tertawa sendiri saat melihat penghitungan suara dan mendadak ambil gelas serta jalan merangkak seperti pengemis.

Sebenarnya, banyak caleg yang menjalani psikotes dan beberapa tidak layak. ''Tapi, mereka tetap saja memaksakan diri. Ini yang kemudian memunculkan banyak potensi gila,'' terangnya. Hanya, Adi meminta tidak ada kesalahpahaman dari semua pihak tentang langkah RSJ Menur menyiapkan ruangan perawatan bagi caleg gagal yang stres tersebut. ''Ini hanya langkah preventif,'' imbuh Adi. (ano/nw/mas)

BACA JUGA: Singa Michael Diduga Tewas Dibunuh

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... JK Bantu Asupan Gizi Korban Sinabung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler