Runway Bandara Mopah Merauke Dipalang Orang, Pesawat Lion Air JT-794 Putar Balik ke Jayapura

Rabu, 01 Juni 2022 – 10:04 WIB
Pesawat Lion Air. Ilustrasi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Landasan pacu Bandar Udara Mopah, Merauke, Papua, sempat dipalang sekelompok orang, Selasa (31/5). 

Akibatnya, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT-794 dari Jayapura melalui Bandara Sentani tujuan Merauke, tidak bisa mendarat di Bandara Mopah. 

BACA JUGA: Ada Pemalakan di Bandara Mopah, Lion Air JT-794 Terpaksa RTB, Begini Kronologinya

Pilot pesawat memutuskan melakukan return to base atau kembali ke bandara asal, yakni Bandar Udara Sentani Jayapura.

“Pilot berkomunikasi dengan pengatur lalu lintas udara dan memutuskan untuk kembali ke bandara asal (return to base/ RTB),” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resminya, Rabu (1/6). 

BACA JUGA: 15 Menit Terbang, Lion Air JT-800 Mengalami Bird Strike, Pilot Memutuskan RTB

Danang menjelaskan penerbangan nomor JT-794 telah dijalankan menurut standar operasional prosedur. 

Penerbangan ini melayani intra-Papua, dari Jayapura melalui Bandara Sentani (DJJ) tujuan Merauke melalui Bandara Mopah (MKQ).

BACA JUGA: Lion Air Group Imbau Calon Penumpang Memahami Proses Pembelian Tiket Pesawat

Lion Air JT-794 dioperasikan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER, membawa tujuh awak dan 134 penumpang. 

Pesawat mengudara dari Bandara Sentani pukul 06.55 WIT, dan perkiraan tiba di Bandara Mopah pukul 08.30 WIT.

Menurut Danang, Lion Air menerima informasi resmi dari otoritas penerbangan berupa NOTAM (notice to airmen) Nomor B0952/22 NOTAMC B0951/22 berisi informasi baru mengenai keadaan, perubahan atau situasi di Bandara Mopah

Dalam NOTAM itu diberitahukan bahwa bandara mengalami penutupan sementara karena alasan keselamatan (security reason), yakni terdapat pemalangan di landas pacu (block runway) oleh sekelompok orang.

Lalu, pilot berkomunikasi dengan pengatur lalu lintas udara dan memutuskan untuk kembali ke bandara asal di Bandar Udara Sentani, Jayapura.

“Pesawat telah mendarat di Bandar Udara Sentani pukul 07.30 WIT,” ungkapnya.  

Dia menambahkan setelah pesawat berada sempurna pada tempatnya (parkir di apron), seluruh penumpang dikembalikan ke ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut.

Lion Air penerbangan JT-794 diberangkatkan kembali setelah menerima informasi resmi bahwa bandara tujuan sudah dibuka kembali dan dinyatakan aman untuk operasional penerbangan. 

“Pesawat lepas landas pukul 08.30 WIT dari Bandara Sentani dan telah mendarat pukul 09.50 WIT di Bandara Mopah,” katanya. 

Penerbangan selanjutnya, yakni bernomor JT-797 berangkat dari Merauke pukul 10.20 WIT dan dijadwalkan tiba di Bandara Sentani pukul 11.20 WIT.

“Dalam menjalankan operasional, Lion Air senantiasa berkoordiansi bersama seluruh pihak terkait dalam mendukung kelancaran, keselamatan dan keamanan penerbangan,” pungkas Danang Mandala Prihantoro. (boy/jpnn) 


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler