Rupiah Hari Ini Sedikit Tertolong

Selasa, 10 Maret 2020 – 19:09 WIB
Ilustrasi kurs nilai mata uang Dollar terhadap Rupiah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penurunan suku bunga bank sentral AS, The Federal Reserve, sedikit menolong rupiah hari ini, Selasa (10/3).

Rupiah hari ini ditutup menguat 41 poin atau 1,05 persen menjadi Rp 14.352 per dolar AS, berbanding posisi hari sebelumnya Rp 14.393 per dolar AS.

BACA JUGA: Potensi Pemasukan Bigmatch Persija vs Persebaya Miliaran Rupiah, Rugi Kalau Tanpa Penonton

"Ada harapan The Federal Reserve akan dipaksa untuk memberikan pemotongan suku bunga besar untuk meredam dampak dari virus corona," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Selasa.

Goldman Sachs memperkirakan bahwa The Fed akan memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin (bps), ketika para pembuat kebijakan berkumpul pada 17-18 Maret mendatang dan memotong 50 bps lagi pada pertemuan 28-29 April, ke kisaran 0 persen hingga 0,25 persen, yang terakhir terjadi pada 2015 lalu.

BACA JUGA: Rupiah tak Tertolong Hampir Capai Rp 14.400 per Dolar AS

Selain itu, ada optimisme bahwa stimulus fiskal baru untuk mendorong langkah-langkah pertumbuhan ekonomi, akan termasuk dalam anggaran Inggris mendatang.

Bank sentral Inggris Bank of England juga diprediksi akan mengumumkan penurunan suku bunga sebesar 50 bps pada April nanti.

BACA JUGA: Moratorium Umrah dari Arab, Agen Travel di Yogyakarta Bisa Merugi Miliaran Rupiah

Dari domestik, para analis memperkirakan defisit APBN akan melebar seiring laporan bertambahnya kasus COVID-19 di Indonesia.

Kementerian Keuangan memproyeksi defisit APBN tahun ini berpotensi naik pada level 2,2 persen hingga 2,5 persen seiring dengan ketidakpastian ekonomi akibat wabah corona.

Hingga Selasa, jumlah korban jiwa akibat COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai total lebih dari 4.000 jiwa, seperti dikutip dari Worldometers.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp14.390 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.298 per dolar AS hingga Rp14.412 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Selasa, menunjukkan rupiah melemah menjadi Rp14.411 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.342 per dolar AS. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler