Rusak Karena Cuaca Ekstrem, Venue Menembak Pulih Dalam Waktu Singkat

Jumat, 20 September 2024 – 09:03 WIB
Arsip foto - Petembak Papua Slamet Riadi membidik sasaran pada perlombaan babak kualifikasi skeet putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Lapangan Tembak Rindam IM Mata Ie, Aceh Besar, Aceh, Rabu (11/9/2024). (ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

jpnn.com - BANDA ACEH - Rangkaian penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara sempat terkendala akibat cuaca pada Selasa (17/9), khususnya cabang olahraga menembak.

Penyelenggaraan terkendala akibat cuaca ekstrem sehingga mengakibatkan fasilitas venue di Lapangan Tembak Rindam Iskandar Muda, Mata Ie, Aceh Besar, rusak.

BACA JUGA: Final Sepak Bola PON XXI Jatim vs Jabar, Pelatih Aceh Minta Maaf, Fakhri Husaini Sedih

Namun, dalam waktu tak begitu lama kerusakan dapat ditangani sehingga rangkaian perlombaan menembak kembali berlangsung normal.

Cuaca buruk sebelumnya menyebabkan talang air di venue tersebut rusak dan menimbulkan genangan air yang mengganggu pelaksanaan pertandingan.

BACA JUGA: Tim Barongsai DKI Jakarta Rebut 2 Medali Perak PON 2024, Sejarah Tercipta

Keadaan dapat kembali pulih setelah adanya koordinasi cepat antara Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Perusahaan Listrik Negara (PLN), serta panitia besar PON XXI dan Persatuan Menembak Indonesia (PB Perbakin).

Marciano lantas menyampaikan apresiasinya terhadap respons cepat dari seluruh pihak terkait.

BACA JUGA: Polri Terjunkan Ribuan Personel Amankan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PUPR, PLN, panitia PON, dan Perbakin yang sudah bekerja keras mengatasi masalah ini. Alhamdulillah, venue sudah kembali bisa digunakan dan pertandingan berjalan lancar hari ini," ujar Marciano dalam keterangannya.

Dia juga memuji kesiapan panitia pelaksana yang tetap fokus meskipun menghadapi tantangan dari cuaca.

Menurutnya lapangan tembak yang digunakan di PON XXI akan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

"Insyaallah, seluruh nomor pertandingan yang tertunda akan diselesaikan sesuai jadwal yang telah disusun," katanya.

Marciano lebih lanjut berharap media dapat menyampaikan pemberitaan yang berimbang mengenai situasi yang terjadi.

"Saya berharap media tidak hanya menyoroti kerusakan akibat cuaca, tetapi juga memberikan apresiasi kepada pihak yang telah memastikan pertandingan bisa kembali berlangsung dengan baik," katanya.

Sejumlah nomor pertandingan menembak seperti tembak reaksi, running target, dan trap telah dimulai kembali pada Rabu (18/9) pukul 08.00 WIB setelah kerusakan di venue diperbaiki.

Semua nomor yang sempat tertunda telah dijadwalkan ulang dan diharapkan seluruh pertandingan dapat selesai sesuai rencana.

"Kami sudah melakukan penjadwalan ulang untuk nomor yang tertunda. Insyaallah seluruh pertandingan menembak akan selesai tepat waktu,” kata Marciano. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menpora Berharap Kontribusi Nurul Akmal Bisa Memotivasi Generasi Muda


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler