Rusdi Kirana Pimpin MPR, Baba Hasbi: Bukti Nyata Pluralisme PKB

Kamis, 03 Oktober 2024 – 17:29 WIB
Dipilihnya Rusdi Kirana sebagai pimpinan MPR, bukti nyata pluralisme PKB. Foto: dok. PKB

jpnn.com, JAKARTA - Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H. Hasbiallah Ilyas menyoroti terpilihnya Rusdi Kirana sebagai pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Menurut dia, hal tersebut sebagai wujud nyata bahwa pluralisme dan kebhinekaan bukan sekadar simbol bagi PKB, partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU). 

BACA JUGA: Pesan Spesial dari Cak Imin buat Cucun Syamsurijal dan Rusdi Kirana

"Ketua Umum PKB, Gus Muhaimin, menegaskan bahwa nilai-nilai pluralisme dan demokrasi menjadi dasar utama dalam menentukan komposisi kepemimpinan di DPR dan MPR RI,” ungkap Hasbiallah, yang akrab disapa Baba Hasbi, dalam keterangannya, Kamis (3/10).

Hasbi menambahkan bahwa entitas santri yang sangat erat dengan PKB sudah diwakili di kepemimpinan DPR.

BACA JUGA: Ada Kisah Cinta Segitiga Anak Kiai di Baba Hasbi The Series

“Kang Cucun, pimpinan DPR dari PKB, merupakan sosok ulama dan santri NU tulen dari Kabupaten Banten. Ini menunjukkan bahwa PKB mengedepankan demokrasi dan pluralisme dalam perjuangannya,” jelasnya.

Selain soal entitas, Baba Hasbi juga menilai bahwa pemilihan pimpinan DPR dan MPR serta komposisi pimpinan Fraksi PKB didasarkan pada kapasitas dan integritas kader-kader PKB.

BACA JUGA: Cak Imin Baiat 68 Anggota DPR dari PKB Agar Setia kepada Rakyat-Partai

"Pimpinan dari PKB di DPR, MPR, dan Fraksi adalah legislator-legislator yang memiliki kapasitas dan integritas untuk menjalankan amanah besar,” tambahnya.

Lebih lanjut, Hasbi mengakui bahwa raihan suara PKB pada Pemilu 2024 tidak lagi hanya didominasi oleh daerah Jawa, tetapi juga daerah di luar Jawa. Hal ini membuktikan kecerdikan Gus Muhaimin dalam meracik strategi pemenangan PKB di tingkat nasional.

"PKB kini menjadi partai yang tidak hanya berbasis Islam, tetapi juga partai nasionalis yang membawa semangat Islam rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Sebagai Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Baba Hasbi menegaskan komitmennya untuk menjalankan nilai-nilai yang diajarkan Gus Muhaimin.

"Tugas saya adalah membesarkan PKB di Jakarta, yang merupakan miniatur Indonesia dengan keberagaman kultur, agama, dan budaya,” jelasnya.

Dia juga menyebut bahwa peningkatan perolehan suara PKB di Jakarta lebih dari 100% tidak terlepas dari efek majunya Gus Muhaimin dalam Pilpres 2024.

"Dari lima kursi DPRD dan nol kursi DPR RI, kini kita memiliki 10 kursi DPRD dan 2 kursi DPR RI,” pungkas Baba Hasbi. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler