Rusia Sukses Luncurkan Roket Soyuz

Senin, 16 Juli 2012 – 12:02 WIB

KAZAKHSTAN--Pesawat ruang angkasa Rusia berhasil mengudara menuju Stasiun Ruang Angkasa Internasional, ISS. Soyuz mengangkut tiga astronot dari Rusia, Jepang dan Amerika.

Ketiga astronot tersebut meluncur dari Kazakhstan Minggu (15/07) pukul 02.40 GMT atau sekitar pukul 09.40 WIB. Pesawat ini dijadwalkan akan tiba di Stasiun Ruang Angkasa Internasional, ISS pada hari Selasa mendatang.

Menurut lansiran BBC, stasiun ISS sendiri merupakan komplek penelitian ruang angkasa yang dibangun dengan biaya sebesar USD 100 miliar atau Rp 946,5 triliun. Komplek luar angkasa ini mengorbit pada ketinggian 385km dari Bumi.

 "Roket Soyuz TMA-05M berhasil meluncur ke ruang angkasa dengan mulus dalam penerbangan kali ini," ujar sumber Badan antariksa AS - NASA.

Ketiga astronot yang turut dalam misi ini adalah astronot Rusia Yuri Malenchenko, astronot Jepang, Akihiko Hoshide dan Sunitia Williams dari AS. Mereka akan bergabung dengan tiga astronot lainnya yang telah lebih dulu berada di ISS.

Diperkirakan, pekan depan pesawat antariksa milik Jepang akan juga tiba di ISS diikuti dengan delapan pesawat lain yang juga akan melakukan kontak dengan satelit yang ada. NASA sendiri sebelumnya telah menyatakan mengakhiri program pengiriman pesawat ulang alik pada Juli 2011 lalu. Sejak saat itu astronot AS sangat bergantung pada penerbangan Soyuz untuk mengangkut astronot mereka menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional. (Esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Gempur Oposisi, Rezim Assad Kerahkan Tank dan Heli


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler