RUU Komponen Cadangan Perlu Dikaji

Jumat, 31 Mei 2013 – 22:10 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Tjahjo Kumolo menilai Rancangan Undang-Undang (RUU) Komponen Cadangan sebaiknya dikaji secara mendalam dan tidak perlu tergesa-gesa dibahas antara pemerintah dan DPR.

Sebab pembentukan komponen cadangan masih menimbulkan kekhawatiran di beberapa elemen masyarakat yaitu terjadinya militerisasi masyarakat sipil yang dapat mengancam demokratisasi.

"Perlu waktu sosialisasi ke masyarakat khususnya generasi muda. Jangan sampai teropini pembentukan komponen cadangan seolah-olah Indonesia tengah menghadapi ancaman," kata Tjahjo saat dihubungi, Jumat (31/5).

Menurutnya, perlu diperhitungkan siapa yang akan mengawasi penggunaan komponen cadangan saat keadaan damai. Sehingga tidak dipergunakan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu. "Ini yang harus diclearkan dahulu soal pemahaman tersebut," terang dia.

Karena itu Tjahjo menyatakan, perlu waktu setidaknya sosialisasi intensif terbuka kepada elemen bangsa secara menyeluruh ke masyarakat luas terhadap pemahaman bela negara. "Hak dan kewajiban sebagai warga negara memang perlu ditanamkan sejak dini," ucapnya. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Usul Sisipkan Pancasila Di Bendera

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler