Saatnya Buktikan Kekuatan

Rabu, 14 Agustus 2013 – 09:29 WIB

jpnn.com - JAKARTA-Timnas mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan kelasnya dalam laga uji coba kontra Filipina di Stadion Manahan Solo, Malam nanti. Melawan tim Selevel, Skuad Garuda wajib meraih kemenangan untuk membuktikan kesiapan tim jelang lawan Tiongkok di Pra Piala Asia (PPA) 2015, pada 15 Oktober mendatang.      

Pelatih Jacksen F Tiago menilai laga melawan Filipina cukup bagus untuk menguji skema permainan dan komposisi terbaik timnya. Sebab, pertandingan ini bukan lagi sebagai uji coba mencari pemain, tapi untuk mematangkan komposisi yang sudah ada.      

BACA JUGA: Rooney Fit Hadapi Skotlandia

"Sekarang kami sudah harus menentukan karakter melawan Tiongkok. Yang pasti, tim ini harus bisa melakukan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Sebelumnya lawan kami kuat, sekarang lawan sama. Kami harus menjawab bagaimana respon dari tim ini," tutur Jacksen.      

Upaya Jacksen untuk melihat progress timnya cukup terbuka. Itu karena dari 22 pemain, semuanya dalam kondisi prima. Dengan begitu, pealtiha sal Brazil tersebut bisa mencoba juga formasi alternatif yang disiapkan seandainya skema yang dijalankan kurang maksimal.        

BACA JUGA: Transfer Bale Hanya Permainan Pasar

Mengenai target, Jacksen menegaskan bahwa Skuad Garuda akan mencari hasil maksimal. Dengan kata lain kemenangan karena itu juga akan memengaruhi rangking TImnas di FIFA. Bisa dipastikan, melawan Filipian di rangking 141 dunia, Indonesia yang saat ini berada di peringkat 169 bisa mendapat surplus poin.      

"Intensitas tekanan di sektor tengah dan depan ditingkatkan. Kami ingin hasil yang maksimal," ucapnya.      

BACA JUGA: Fisik Empat Pemain Jeblok

Pelatih yang juga membesut Persipura Jayapura itu menyebut Filipina bukan lawan yang mudah. Karena itu, dia meminta anak didiknya waspada. Dengan kekuatan hampir 90 persen pemainnya adalah pemain naturalisasi, Jacksen menilai Filipina sebagai kekuatan baru.      

"Tak perlu dipertanyakan filipina punya ranking lebih baik dari kita.Mereka juga belum pernah kalah. Mereka kekuatan baru di Asia Tenggara," tandasnya.  

Kendati demikian, Skuad Garuda tak mau hanay menyiapkan internal tim mereka. Secara eksternal, Jacksen juga sudah mempelajari kekuatan the Azkals, julukan Filipina. Dia mengakus duah mendapatkan gambaran pola permainan tim asuhan hans Michael Weiss tersebut.     

"Kami sedikit mendapat gambaran cara bermain mereka, Peta kekuatan mereka sudah kami pelajari melalui video," terang pelatih plontos tersebut.

Sementara itu. Indonesia kemungkinan juga diuntungkan dalam laga malam nanti. Sebab, Filipina menurut Kepala Delegasi Timnas Filipina, Richard Ebong Joson, sedang mengalami kelelahan.       

Richard menyebut kendala penerbangan yang semula direncanakan pada Minggu (11/8), namun akhirnya penerbangan diundur pada Senin (12/8). Setelah itu, mereka merka harus transit lama di Singapura sehingga baru tiba kemarin (13/8) siang.       

"Karna itu pelatih Michael Weiss dan kapten tim tidak bisa menghadiri sesi jumpa pers.. tapi, kami senang akhirnya bisa sampai dan tetap semangat untuk menjalani pertandingan besok (hari ini, Red)," tuturnya. (aam)
       
Perkiraan Pemain:

Indonesia (4-3-3) :
I Made Wirawan (Gk), Hasim Kipuw, Victor Igbonefo, M. Roby, Ruben Sanadi
Raphael Maitimo, Taufik, Ahmad Bustomi
Boaz Solossa, Patrick Wanggai, Titus Bonai
Pelatih ; Jacksen F Tiago

Filipina (4-4-2) ;

Eduard Sacapano (Gk), Jerry Barbaso, Rob Gier, Amani Aguinaldo, Raymark Fernandez
James Yonghusband, Mark Hartmann, Paul Mulders, Paolo Bugas,
Porteria, Angel Guirado,

Pelatih: Michael Weiss

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Alasan Mario Gomez ke Fiorentina


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler