Safari Politik Ganjar di Jabar Berpengaruh Besar Untuk Dukungan Ulama dan Ajengan

Senin, 09 Oktober 2023 – 15:25 WIB
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo ketika melakukan safari politik di Jawa Barat. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Kegiatan safari politik bakal capres 2024 Ganjar Pranowo ke berbagai pondok pesantren di Jawa Barat (Jabar) mendapat sambutan apik dari kalangan ulama dan kiai atau ajengan.

Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan kunjungan Ganjar ke Jabar sangat wajar dilakukan. Sebab provinsi tersebut menjadi ‘battle ground’ lantaran jadi salah satu wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak.

BACA JUGA: Aksi Sosial Kowarteg Ganjar Tuai Respons Positif Warga Surabaya

Adi menilai safari politik Ganjar di Jabar akan berpengaruh signifikan terhadap dukungan kepadanya, khususnya dari kalangan ulama.

“Tentu Jabar signifikan, karena Jawa Barat itu merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia,” kata Adi dihubungi wartawan, Senin (9/10).

BACA JUGA: SMRC: Wajar Ganjar jadi Capres Idola Gen Z

Adi menyebut kunjungan yang dilakukan Ganjar ke pesantren dan menemui para kiai serta ajengan itu tidak lepas dari track record keluarganya. Yakni sang istri, Siti Atikoh yang merupakan keturunan kiai NU yang disegani.

“Artinya memang keluarga besar Ganjar itu adalah keluarga besar kiai, keluarga besar pesantren. Jadi wajar kalau kemudian penerimaan Ganjar Pranowo di Jawa Barat signifikan,” ujar dia.

BACA JUGA: Atikoh Ganjar Pranowo Dicegat Pramuka SMKN Jateng di Purbalingga

Di beberapa kunjungan, Ganjar juga menerima amanat dari para kiai dan ajengan terkait berbagai hal. Para kiai dan ajengan tampak menitipkan harap khususnya berkaitan dengan pesantren jika menjadi presiden.

Menurut Adi, itu tak lepas dari kepemimpinan Ganjar selama dua periode di Jawa Tengah yang erat dan dekat dengan para alim ulama. Sehingga wajar, jika para kiai dan ajengan di Jabar menaruh harap hal itu dibawa ke tingkat nasional.

“Jadi, legacy dan legitimasi politiknya cukup kuat jadi wajar kalau di situ mendapatkan dukungan politik dari berbagai kalangan termasuk kalangan pesantren, ulama, ustad dan para kiai,” kata dia.

Sebagai informasi, selama dua hari belakang bacapres Ganjar Pranowo keliling Jawa Barat. Dimulai dari Cirebon saat hadir di pernikahan anak pengasuh ponpes KHAS Kempek, KH Mustofa Aqil Siradj yang merupakan adik dari KH Said Aqil Siradj.

Di sana, Ganjar bahkan bertemu cucu ke-25 Syekh Abdul Qadir Jailani yaitu Syekh Muhammad Fadhil Jailani. Eks Gubernur Jateng itu bahkan didoakan dan diberi amalan khusus.

Safari Ganjar kemudian berlanjut ke Tasikmalaya, Banjar hingga Ciamis. Para kiai dan ajengan di pesantren yang Ia kunjungi memberikan sambutan hangat pada bacapres berusia 54 tahun itu. (cuy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... PJ Wali Kota Palembang Ganjar Bonus kepada Puluhan Atlet Tekwondo Berprestasi


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler