Sah, Emil Dardak Pimpin Demokrat Jatim

Kamis, 31 Maret 2022 – 00:33 WIB
Wagub Jatim Emil Dardak. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Emil Elestianto Dardak dipercaya memimpin Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jawa Timur.

Posisi baru untuk Emil tersebut merupakan keputusan Agus Harimurti Yudhoyono selaku ketua umum parpol berlambang bintang segitiga merah putih itu.

BACA JUGA: Ssst, Elite Demokrat Ini Dipanggil KPK, Kasus Apa?

"Sudah ditetapkan Pak Emil Dardak sebagai ketua," ujar Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron yang dihubungi wartawan dari Surabaya, Rabu (30/3).

Anggota DPR RI itu menuturkan Emil Dardak telah menandatangani berita acara penetapan di Jakarta. Selanjutnya, wakil gubernur Jatim tersebut diberikan waktu 14 hari untuk menyusun kepengurusan.

BACA JUGA: Teriakan Duet Maut Anies-AHY 2024 Menggema di Arena Pelantikan DPD Partai Demokrat

"Nanti surat keputusan akan dikeluarkan setelah pengurus (DPD PD Jatim, red) terbentuk," kata Herman.

Emil Dardak ketika dihubungi membenarkan kabar dirinya tentang dirinya ditetapkan sebagai orang nomor satu di Partai Demokrat Jatim.

BACA JUGA: Didominasi Intelektual, Formasi Pengurus Demokrat DKI Wajah Partai Modern

"Iya, sudah, terima kasih dan mohon restunya," kata suami Arumi Bachsin tersebut.

Sebelumnya DPD PD Jatim menggelar musyawarah daerah (musda) keenam  pada 20 Januari 2022 di Surabaya. Musda itu mengusulkan dua nama calon ketua DPD PD Jatim ke DPP, yakni Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga.

Emil Dardak merupakan pelaksana tugas (Plt) ketua DPD PD Jatim, sedangkan Bayu Airlangga adalah Plt sekretarisnya.

Setelah musda, keduanya mengikuti uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon ketua di hadapan Tim 3 DPP PD. Tim itu terdiri atas AHY, Sekjen PD Teuku Rafly Harsya, dan Herman Khaeron.

Beberapa waktu lalu, Ketua Umum AHY saat melakukan safari politik di Jatim meminta ke pengurus di daerah maupun cabang, serta kader di Jatim mendukung nama yang ditunjuk DPP.

Putra sulung Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menegaskan siapa pun yang terpilih merupakan kader terbaik untuk memimpin Partai Demokrat di Jatim selama lima tahun ke depan.(Antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler