Teman Ganjar: Jangan Menganaktirikan Sumbar, Dekati dengan Hati

Senin, 04 September 2023 – 05:18 WIB
Ketum Teman Ganjar Rinto Wardana berbincang dengan capres Ganjar Pranowo di sela-sela kegiatan jalan sehat di Semarang, Minggu (3/9/2023). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, SEMARANG - Capres PDIP Ganjar Pranowo berpeluang merebut hati masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat (Sumbar) pada Pemilu 2024 mendatang. Gubernur Jawa Tengah itu hanya perlu menggunakan pendekatan yang tepat.

Hal itu disampaikan pimpinan sukarelawan Teman Ganjar saat bertemu dengan sang capres di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/9). 

BACA JUGA: Ganjar Creativity Gelar Silaturahmi dengan Komunitas Ownrules Bandung

"Pendekatan kepada pemilih di Sumbar mesti dilakukan dengan hati dan perhatian," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Teman Ganjar Sumatera Barat Mabruri Tanjung.

Untuk diketahui, secara historis PDIP dan calon presiden yang diusungnya selalu memiliki rekor buruk di Sumbar. 

BACA JUGA: Isu Ini Bisa Jadi Alat Serang, Ganjar Perlu Mengantisipasi

Pada Pilpres 2014 dan 2019, Joko Widodo mengalami kekalahan telak di provinsi tersebut. Begitu pun Megawati Soekarnoputri pada dua pilpres sebelumnya.

Teman Ganjar menilai perlu ada perubahan agar hal serupa tak terjadi di 2024. Salah satunya dengan menghentikan stigmatisasi terhadap masyarakat Minang.

BACA JUGA: Komunitas Nelayan Pendukung Ganjar Ramaikan Pesta Laut Nadran di Cirebon

"Jakarta jangan lagi menganaktirikan Sumbar dengan stigma-stigma yang merendahkan derajat orang Minang yang sering diidentikkan kadrun dan intoleran," kata Ketum Teman Ganjar Rinto Wardana masih di kesempatan yang sama.

Dia mengingatkan bahwa orang Minang memiliki keluhuran budaya yang dirawat turun temurun.

Dari sisi historis, hampir separuh pendiri bangsa ini berasal dari Sumbar atau memiliki darah Minang.

"Dalam memandang orang Minang harus dilakukan secara equal dengan suku bangsa lain di Indonesia, sehingga pendekatan dari hati dan sentuhan kasih adalah langkah tepat," lanjut Rinto yang dikesehariannya berprofesi sebagai advokat, kurator dan arbiter.

Ganjar pun mengamini masukan-masukan tersebut. Mantan anggota DPR RI itu menegaskan bahwa dirinya tidak punya sentimen negatif terhadap warga Sumbar.

Dia pun mengaku sangat menyukai rendang Padang dan sering menyantapnya di rumah makan Pagi Sore.

"Untuk Sumbar, I Love you," kata Ganjar. (dil/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler