Sahroni Menilai Jenderal Listyo Berkomitmen Mewujudkan Kesetaraan Gender di Polri

Senin, 18 September 2023 – 22:06 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Ahmad Sahroni. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memiliki komitmen dalam mewujudkan kesetaraan gender di Korps Bhayangkara.

Hal itu disampaikan Sahroni setelah Jenderal Listyo Sigit menerima penghargaan He For She Award dari International Association of Woman Police (IAWP).

BACA JUGA: Kapolri Mengajak Mahasiswa Menjaga Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Damai

Penghargaan ini diterima Jenderal Listyo melalui Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Polri Irjen Krishna Murti di acara IAWP ke-60 di Auckland, Selandia Baru yang diikuti 700 peserta dari 60 delegasi tiap negara.

Sahroni mengatakan di era kepemimpinan Jenderal Listyo, polwan memang memiliki peran yang jauh lebih signifikan di kepolisian.

BACA JUGA: Kasus Rempang, LBH Pelita Umat: Demi Investasi, Rakyat dan Tanah Melayu Dikorbankan

"Kami di Komisi III memang melihat adanya peningkatan peran serta polwan dalam kinerja polisi di era kepemimpinan Pak Kapolri saat ini," kata Sahroni melalui keterangan tertulis, Senin (18/9).

Peningkatan peran polwan di Polri itu menurutnya perkembangan positif meski dari sisi jumlah, polisi wanita masih sedikit dibanding polisi laki-laki, yakni sekitar 6 persen.

BACA JUGA: Dirreskrimsus Polda Sumsel Kombes Agung Marlianto Meninggal Dunia, Kami Turut Berduka

"Namun saya yakin Pak Kapolri punya komitmen terhadap kesejahteraan gender yang tidak perlu diragukan lagi," kata legislator Partai NasDem itu.

Sahroni menilai langkah Kapolri Jenderal Listyo dalam mewujudkan kesetaraan gender sudah banyak dibuktikan dengan aksi-aksi nyata. Salah satunya, menempatkan polwan di berbagai jabatan strategis.

“Langkahnya pun konkret, langsung ditugaskan pada jabatan dan penugasan yang strategis," ucapnya.

Dia menyebut saat ini banyak polwan yang diutus untuk misi perdamaian dunia, ditempatkan di Densus 88 Antiteror, menjadi Kapolres, bahkan ada yang meraih pangkat irjen.

Walakin, Sahroni tetap berharap akan ada lebih banyak polwan yang menjadi Kapolda ke depannya.

"Namun ke depan saya berharap, akan ada polwan-polwan yang bisa jadi kapolda. Saya yakin, Pak Kapolri pasti juga punya spirit untuk mewujudkan itu," sebut Sahroni.

Politikus asal Tanjung Priok, Jakarta Utara itu juga berharap kapolri konsisten untuk mengupayakan kesetaraan akses dan gender di institusi Polri.

Dia percaya Polri memiliki banyak sekali sumber daya manusia (SDM) polwan yang berprestasi dan berintegritas.

“Saya ingin Pak Kapolri terus konsisten melakukan gebrakan soal kesetaraan gender ini. Karena saya yakin, kita memiliki banyak sekali polwan yang hebat dan mempunyai track record bagus," ujar Sahroni.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler