Sahroni Puji Strategi Polri Mengantisipasi Kemacetan Puncak Arus Balik

Jumat, 06 Mei 2022 – 08:29 WIB
Ilustrasi puncak arus balik Lebaran. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni memuji strategi Polri yang telah menyiapkan 7 langkah mengantisipasi kemacetan saat arus balik Lebaran 2022.

Polri bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menerapkan langkah-langkah tersebut demi keamanan, keselamatan, serta kenyamanan pemudik yang kembali ke ibu kota.

BACA JUGA: Bripda EN Kabur Seusai Menabrak 4 Warga, Satu Korban Tewas

"Saya pantau sampai hari ini pihak kepolisian berhasil membuat mudik tahun ini kondusif dan tidak chaos. Kebijakan yang diambil, walau tidak semua happy, tetapi jelas tepat sasaran. Presisi," kata Sahroni dalam keterangan di Jakarta, Kamis (5/5).

Politikus NasDem itu juga menilai Polri berhasil berkolaborasi dengan instansi lain dalam menyukseskan kebijakan pengendalian arus lalu lintas saat mudik hingga arus balik Lebaran.

BACA JUGA: Arus Balik Lebaran, Sepeda Motor dan Truk Dialihkan via Pelabuhan Panjang

“Polri tidak hanya menurunkan lebih dari seratus ribu anggotanya, tetapi berkolaborasi dengan Kemenhub dan instansi terkait lainnya untuk mengurai kepadatan jalanan," ujar pria asal Tanjung Priok, Jakarta Utara itu.

Dia menilai kolaborasi itu turut membantu keberhasilan Operasi Ketupat selama 28 April – 9 Mei 2022 mendatang.

BACA JUGA: Seorang Wisatawan Tewas di Kolam Renang Puncak Darajat

"Saya harap masyarakat bisa mengikuti segala arahan yang sudah disiapkan kepolisian agar arus balik ini bisa berjalan sesuai dengan rencana yang disiapkan," kata Ahmad Sahroni.

Diketahui, Polri bersama Kemenhub telah menyiapkan tujuh langkah dalam rangka mengupayakan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat saat melakukan perjalanan kembali ke perantauan.

"Pertama, penerapan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah (one way) mulai KM 414 atau Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Rabu (4/5).

Kedua, Polri-Kemenhub serta stakeholders terkait terus-menerus menyosialisasikan rute alternatif menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan oneway pada puncak arus balik.

Berikut rute-rute alternatif Jakarta arah Bandung:

1.Jagorawi-Puncak-Cisarua-Cipanas-Cianjur-Sukaluyu–Cipatat-Padalarang–Bandung.

2. Jagorawi-Cibubur-Cileungsi – Jonggol –Cianjur –Padalarang –Bandung.

3. Kalimalang –Kedungwaringin–Karawang –Purwakarta –Wanayasa – Lembang –Bandung.

4. Kalimalang–Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta–Sukatani –Darangdan –Cikalong –Padalarang –Bandung.

5. Jagorawi –Sukabumi –Cianjur–Padalarang –Bandung.

Ketiga, Polri mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya oneway di entry gerbang tol, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Keempat, Polri dengan stakeholder terkait melakukan implementasi manajemen tempat istirahat atau rest area, yakni Rest Area Management System (RAMS) untuk menginfokan kapasitas parkir kepada pengendara sebelum masuk rest area.

Kelima, mengimbau masyarakat tidak berhenti di bahu jalan jika tidak dapat beristirahat di rest area.

Keenam, adanya jaminan ketersediaan bahan bakar minyak, bengkel, dan fasilitas-fasilitas lainnya untuk membantu masyarakat ketika mengalami kendala dengan kendaraannya.

Ketujuh, pencegahan kemacetan saat arus balik dengan meminimalkan hambatan di rute alternatif, sehingga kapasitas jalan bisa digunakan optimal oleh volume kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif. (fat/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler