Saksi Kubu Habib Rizieq: Saya Melihat dengan Mata Kepala Sendiri

Kamis, 07 Januari 2021 – 14:11 WIB
Suasana sidang keempat praperadilan Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (7/1). Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sidang gugatan praperadilan terkait penetapan tersangka dan penahanan Habib Rizieq Shihab digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/1).

Sidang tersebut beragenda mendengarkan keterangan saksi dari pihak pemohon gugatan praperadilan itu.

Hakim tunggal Akhmad Sahyuti ikut mengajukan pertanyaan kepada saksi fakta yang menghadiri langsung acara di Petamburan, Jakarta Pusat tersebut.

Salah satu saksi fakta yang dihadirkan tim kuasa hukum Habib Rizieq yakni Abdul Qodir yang merupakan Ketua RT 1 di Petamburan sejak 2003-2009.

Tim Kuasa Hukum dari Habib Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah mengajukan pertanyaan, apakah acara Maulid Nabi di Petamburan waktu itu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan.

Qodir pun lantas menjawab mengiyakan, "Iya, pakai, semua pakai masker dan dibagikan."

Mendengar jawaban itu, Hakim menimpali, dengan menyarankan kuasa hukum Pemohon agar pertanyaan yang diajukan tidak disalahartikan oleh saksi.

Sebab, menurut majelis hakim, saksi disumpah. Sehingga jawaban dari pertanyaan yang diajukan tak salah dijawab.

Hakim lantas bertanya kepada saksi, apakah hadir dalam acara itu. Kemudian, apakah sepanjang acara melihat semua orang mematuhi protokol kesehatan.

Qodir pun menjawab, iya berada di samping panggung acara dan mengiyakan pertanyaan majelis hakim bahwa acara di Petamburan itu mematuhi protokol kesehatan.

"Di samping panggung. Iya jaga jarak," kata Abdul Qodir.

Lalu, pertanyaan kembali dilanjutkan oleh tim kuasa hukum  Habib Rizieq perihal berapa banyak aparat kepolisian yang hadir di acara itu.

Qodir kembali menjawab tidak secara spesifik. Namun, dia menjawab dengan taksiran sekitar 200 orang.

Qodir juga mengaku, ada markas (pos petugas keamanan) Brimob saat acara berlangsung.

Sementara di jalan, dia menyebut ada polisi, TNI, Dishub dan Satpol PP yang mengamankan acara tersebut.

Selanjutnya, hakim mempersilakan kuasa hukum termohon (PMJ) mengajukan pertanyaan kepada saksi.

Kuasa hukum dari pihak termohon, Kombes Hengki menjelaskan kembali perihal jawaban saksi soal adanya penjagaan aparat keamanan saat acara berlangsung. Lalu, menanyakan apakah benar melihat dengan langsung acara itu.

Qodir pun mengiyakan, "Yang pasti saya melihat dengan mata kepala saya sendiri. Dia (polisi) menjaga, dia pakai microphone, sebagian besar juga," jawabnya.

Selanjutnya, kuasa hukum Polda Metro Jaya menanyakan kepada saksi perihal isi ceramah dari Habib Rizieq. Namun, saksi tak menjawabnya inti pertanyaan.

"Itu kan acara Maulid. Saya lihat pembacaan Maulid, kalau untuk ceramah," kata Qodir. (cr3/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA JUGA: Kubu Habib Rizieq Hadirkan 4 Saksi, Ada Nama Rhoma Irama


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler