Saksi Mengaku Teman Dekat Jero Wacik

Selasa, 26 November 2013 – 20:35 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Presidium Masyarakat Pertambangan Indonesia, Herman Afifi Kusumo menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus dugaan suap pengurusan kegiatan di SKK Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Usai menjalani pemeriksaan Herman mengakui berteman dekat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. "Iya (teman dekat Jero)," kata Herman di KPK, Jakarta, Selasa (26/11).

BACA JUGA: Salah Tulis, KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan TB Silalahi

Lebih lanjut, Herman tidak berkomentar banyak soal pemeriksaannya di KPK. Ia menyatakan dicecar 11 pertanyaan oleh penyidik lembaga antikorupsi itu.

Namun begitu disinggung pertanyaan apa saja yang ditanyakan penyidik kepadanya, Herman tidak memberikan jawaban pasti. "Biasa saja," katanya singkat.

BACA JUGA: Polisi Tunda Pemeriksaan atas Addie MS dan Memes

Sementara itu Juru Bicara KPK Johan Budi SP menyatakan tidak mengetahui soal kedekatan antara Herman dan Jero. Yang pasti Herman hari ini diperiksa sebagai saksi untuk mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

"Saya tidak tahu soal kedekatan ya. Pak Herman ini diperiksa sebagai saksi terkait dengan tindak pidana korupsinya RR (Rudi Rubiandini)," kata Johan.

BACA JUGA: Paripurna DPR Ketok Palu RUU Adminduk Baru

Seperti diketahui, KPK menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan suap pengurusan kegiatan di SKK Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. Ketiganya adalah Rudi Rubiandini, pelatih Golf Rudi Deviardi alias Ardi, dan Komisaris PT Kernel Oil Pte Ltd Simon Gunawan Tanjaya.

Rudi dan Ardi diduga menerima uang USD 900 ribu dan SGD 200 ribu dari Direktur PT Kernel Oil Pte Ltd Singapura, Widodo Ratanachaitong melalui Simon demi memenangkan lelang Fossus Energy Ltd di SKK Migas. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Iskan Jelaskan Kronologis Terbakarnya Gendhis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler