Saksi Sebut Terdakwa Pembunuh Eno Selalu Sopan ke Perempuan

Jumat, 10 Juni 2016 – 11:59 WIB
RAL saat menjalani rekonstruksi pembunuhan Eno Parihah beberapa waktu lalu. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pengadilan Negeri Tangerang kemarin, Kamis (9/6), kembali menggelar sidang perkara pembunuhan sadis terhadap Eno Parihah dengan terdakwa Rahmat Halim alias RAL (15). Agenda sidang lanjutan tersebut adalah pemeriksaan saksi dari pihak terdakwa alias saksi meringankan. 

Kubu RAL menghadirkan empat orang saksi dalam persidangan yang berlangsung secara tertutup itu. Para saksi antara lain, Aping Ijang selaku kepala SMP tempat RAL bersekolah, Ahmad Hafiz guru bahasa Inggris dan dua teman sekelas RAL, yakni Opi dan Husnul Khatimah.

BACA JUGA: Polisi Gagalkan Perampokan, Pelaku Disikat Habis di Kamar Hotel, Ini Fotonya

Kuasa hukum RAL, Alfan Sari usai persidangan mengatakan, keempat saksi meragukan kebenaran bahwa RAL terlibat dalam pembunuhan Eno. Mereka mengaku mengenal RAL sebagai anak yang baik dan sopan.

“Dia baik, sama perempuan cuek, biasa saja, enggak kayak cowok yang lain. Dia orangnya sopan sama perempuan. Makanya, sampai saat ini saya enggak yakin kalau Alim melakukan itu (pembunuhan-red),” ujar saksi Husnul seperti ditirukan oleh Alfan.

BACA JUGA: Ya Ampun! Kasihan Nenek 70 Tahun Ini Dikerjai Penjahat

Sementara keterangan dari saksi Opi, lanjut Alfan, mementahkan pernyataan saksi penuntut umum dalam persidangan beberapa hari lalu yang mengaku pernah melihat RAL membawa sepeda motor dengan membonceng Eno Parihah. Di hadapan majelis hakim, saksi Opi mengatakan bahaw terdakwa tidak bisa mengendarai sepeda motor.

Opi mengetahui hal itu karena dia kerap membonceng terdakwa ke sekolah. “Kalau berangkat ke sekolah, Alim (RAL-red) itu setiap hari diantar jemput sama bapaknya. Kalau saya, seminggu dua kali mengantar Alim karena lebih banyak bapaknya,” ungkap Alfan menirukan kesaksian Opi.

BACA JUGA: WOW!! 6,8 Juta Potong Pakaian Bekas Selundupan Disita Bea Cukai

Menurut Opi, terdakwa merupakan siswa yang berprestasi di sekolah. Buktinya, kata Opi, pada kelulusan sekolah tahun ini RAL masuk lima besar lulusan terbaik. “Dia pernah bilang sama saya mau nerusin sekolah ke pondok pesantren,” tambah Opi.

Dengan rampungnya pemeriksaan saksi meringankan, agenda sidang Eno dilanjutkan dengan pembacaan tuntutan. Agenda tersebut dijadwalkan berlangsung siang ini, Jumat (10/6) di PN Tangerang. (Hendra Saputra/Radar Banten/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Niat Menolong Tetangga, Pria Tewas Kena Tusuk


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler