Sakti Peksos NTB Ini Terima Penghargaan Karena Terus Berkontribusi dalam Lindungi Anak

Jumat, 18 Desember 2020 – 10:53 WIB
Foto: pemberian penghargaan dari Pemprov NTB terhadap Sakti Peksos Kemensos yang berprestasi. (Dok Kemensos)

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Kementerian Sosial menorehkan prestasi.

Penghargaan sebagai sakti peksos berprestasi pun diberikan kepada Rahman Hidayat atau yang biasa disapa Dayat, pada Peringatan Hari Kesetiawakawanan Sosial Nasional (HKSN) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) 2020 pada Jumat (18/12).

BACA JUGA: Pesan Direktur Rehsos Kemensos kepada Wisudawan Program ATENSI

Dayat merupakan seorang Sakti Peksos yang saat ini bertugas di Dinas Sosial Kabupaten Bima. Dia masuk dalam sepuluh pilar sosial yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi NTB.

Kontribusi di bidang perlindungan anak telah dibuktikan Dayat melalui inovasi yang dilakukannya.

BACA JUGA: Kemensos Perluas Akses Penyandang Disabilitas terhadap Dunia Kerja Lewat Program Penjangkauan

Selain telah berhasil menangani 79 kasus anak sejak Januari hingga Oktober 2020, dia juga telah mendorong pembentukan LPKS Insan Cita Bima dengan melibatkan swadaya masyarakat dan hingga saat ini lembaga tersebut telah berhasil menangani 21 kasus anak di wilayah Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu.

Selain itu, Dayat juga terlibat dalam membangun komitmen perangkat desa untuk membuat peratusan desa (perdes) yang ramah anak.

BACA JUGA: Gandeng PT Pos Indonesia, Penyaluran BST Oleh Kemensos Hampir 100 Persen

“Terima kasih atas kepercayaan dan apresiasi yang diberikan kepada saya sehingga bisa terpilih sebagai Sakti Peksos Berprestasi. Tentunya ini menjadi semangat bagi saya dan seluruh Sakti Peksos Indonesia dalam menjalankan tugas,” kata Dayat dalam siaran pers Kemensos, Jumat.

Selain Sakti Peksos, penghargaan juga diberikan kepada pilar sosial berprestasi lainnya seperti Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Penyuluh Sosial Masyarakat (PSM), Penyusul Sosial, Tagana, dan Disabilitas Inspiratif.

Penghargaan kepada para pilar sosial berprestasi ini diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih saya kepada seluruh pilar sosial berprestasi atas dedikasi dalam melayani masyarakat NTB dan saya juga mengapresiasi para Pekerja Sosial yang selama ini sudah merespons cepat setiap persoalan sosial anak yang terjadi di masyarakat,” ujar Sitti.

Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga Kesetiakawanan Sosial di tengah bencana demi bencana yang terjadi di NTB.

Peringatan HKSN Provinsi NTB juga diisi dengan peluncuran Buku Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang.

“Buku ini akan menjadi pengingat di masa depan tentang apa yang telah kita lakukan di NTB pada masa-masa sulit saat pandemi Covid-19 terjadi,” kata Sitti. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler