Salah Bra, Punggung Bisa Nyeri

Jumat, 14 Maret 2014 – 23:43 WIB

SURABAYA - Anda tahu akibatnya kalau salah pilih bra? Alih-alih payudara menjadi indah, punggung malah bisa nyeri. Namun, kenyataannya, masih banyak perempuan metropolis yang salah comot ukuran bra.

Menurut dr Erwien Isparnadi SpOT dari Rumah Sakit Haji Surabaya, beberapa pasien perempuan yang dia tangani mengeluh nyeri punggung bagian atas secara terus-menerus. Semula tidak diketahui penyebabnya. "Namun, setelah dievaluasi, nyeri punggung itu timbul karena pemakaian bra," ujarnya.

Dari tahun ke tahun kasusnya kian meningkat. Tiap minggu selalu ada yang datang dengan keluhan itu.

Spesialis ortopedi dan traumatologi itu mengatakan, ukuran bra yang tidak sesuai bisa menyebabkan punggung atas sakit. Keluhan ini biasanya semakin sering diutarakan oleh mereka yang memiliki ukuran payudara besar. Umumnya, mereka merasa kesulitan memilih ukuran bra. Atau, sebagian pasien mengaku merasa nyeri punggung karena ukuran branya kekecilan.

Erwien menjelaskan, memilih bra memang harus mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya, ada atau tidaknya kawat penahan. Bahan itu, menurut dia, membantu mengurangi nyeri punggung. Tanpa kawat penahan, punggung atas akan terbebani sehingga terjadi spasme atau kejang otot.

Selain itu, jangan memilih bra yang dikalungkan di tengah. Sebab, itu akan semakin memberatkan tulang punggung. Pilihlah model bra yang konvensional atau yang dilingkarkan ke bahu. Bra model demikian membantu menahan punggung atas.

Yang tak kalah penting adalah menghindari pemakaian bra ketat. Memang, sebagian perempuan kerap memilih bra ketat agar merasa nyaman dan seksi. Namun, lama-kelamaan lingkar dada yang ketat dapat mengakibatkan tarikan ke atas sehingga timbul nyeri dan terjadi spasme otot. (kit/c2/dos)

BACA JUGA: HPV DNA Tes Metode Baru Deteksi Kanker Serviks

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gaya Hidup Modern Ganggu Perkembangan Balita


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler