Saling Puji di Testing Valencia

Rabu, 29 Oktober 2008 – 17:48 WIB
VALENCIA - Banyak pembalap pindah tim untuk MotoGP 2009Senin hingga Selasa kemarin (27-28 Oktober), para pembalap itu telah merasakan uji coba pertama bersama tim baru masing-masing di Sirkuit Valencia, Spanyol

BACA JUGA: Manchester United Waspada Melawan West Ham

Karena masih baru, nuansa pun masih seperti bulan madu
Masih saling memuji, masih saling memberi harapan

BACA JUGA: Kembalikan Atlet ke KON

Masalah dan gontok-gontokan masih urusan nanti.

Di antara semua yang baru, debut Nicky Hayden bersama Ducati Marlboro memang yang paling mendapat sorotan
Banyak yang penasaran, seperti apa kecepatan juara dunia 2006 itu di atas motor Desmosedici

BACA JUGA: Chris John Incar Las Vegas

Apalagi, dalam dua tahun terakhir, motor itu sepertinya hanya cocok untuk Casey Stoner, sulit dikendalikan oleh yang lain.

Hasil uji coba hari pertama memang masih belum menunjukkan apa-apaStoner (kembali pakai nomor 27 pada motornya) mencatat waktu tercepat, Hayden di urutan 12, dengan catatan waktu sekitar 1,5 detik lebih lambat.

Tapi, Hayden bilang dia tak melakukan perubahan setelan apa-apaSetelah menjajal motor GP8 (versi 2008) sebentar, dia langsung pindah ke motor GP9 (untuk musim 2009).

Kesulitan atau tidak, masih belum kelihatanDan untuk sementara, Hayden yang dikenal suka blak-blakan itu masih mengeluarkan komentar-komentar manis"Memang masih banyak yang harus kami kerjakanTapi saya senangIni hari yang baik, yang memberi saya kesempatan untuk menyadari bahwa motor (Ducati) punya potensi baikDan yang terpenting, saya menikmati sekali kesempatan ini," paparnya.

Hayden mengaku kagum dengan akselerasi Ducati"Saya langsung merasa cukup nyaman naik motor ituSaya tidak perlu melakukan banyak perubahan posisi pada lever dan setir," ungkapnya.

Stoner pun masih memuji pembalap asal Kentucky tersebut"Saya rasa Nicky puas dengan hari pertamanya bersama DucatiDia terus membaik sepanjang hariSaya yakin, dalam beberapa hari latihan naik motor, dia akan mencapai hasil baik," ucapnya.

Andrea Dovizioso, yang mengisi tempat yang ditinggalkan Hayden di Repsol Honda, juga terus mengeluarkan komentar manisDia memuji motor Honda RC212V terbaru, yang spesifikasinya lebih tinggi dari motor Honda yang dia pakai sepanjang musim 2008 lalu (bersama JiR Team Scot).

"Kalau dibandingkan dengan motor 2008 saya, motor factory ini punya banyak poin positifKhususnya dalam hal mesinLebih mulus dan kuatDari awal, stabilitas di bagian depan sudah sangat baikSoal elektronik, saya masih butuh waktu untuk memahaminya," jelasnya.

Selain Hayden dan Dovizioso, mereka yang "baru" di Valencia adalah pasangan rookie Mika Kallio dan Niccolo Canepa (tim satelit Ducati), Toni Elias (kembali ke Honda Gresini), Yuki Takahashi (Team Scot Honda), Marco Melandri (Kawasaki), dan Sete Gibernau (Onde 2000 Ducati).

Di antara mereka, Melandri dan Gibernau paling realistis dalam mengomentari lingkungan barunyaMasih sopan, tapi tidak memuji berlebihan.

Melandri, yang musim lalu menjalani mimpi buruk bersama Ducati, mengakui bahwa Kawasaki bakal memberi tantangan hebatDia punya pilihan kembali ke Honda, tapi akhirnya memutuskan untuk bergabung di tim hijauDia percaya Kawasaki punya masa depan cerah.

"Orang lain tidak akan mengambil keputusan seperti iniTapi saya merasa inilah yang ingin saya cobaKawasaki punya sokongan dana dan ambisi untuk mencapai (prestasi) tinggiJadi, ini adalah awal yang baik," kata pembalap Italia itu.

Kalau Gibernau merasa dirinya masih "karatan" setelah tiga tahun tidak ngebut di ValenciaSelain itu, timnya masih butuh banyak belajar"Kami semua adalah profesional, dan kami punya kelompok orang yang baikTapi kami butuh beberapa uji coba untuk mengetahui cara yang baik dalam bekerja bersama," ungkap pembalap 35 tahun itu"Saya akan menggunakan semua pengalaman dan pengetahuan saya untuk membantu kami maju secepat mungkin," tandasnya.

Sayang, hari kedua di Valencia kemarin terganggu oleh hujanPara pembalap tak bisa melanjutkan latihan secara maksimalTapi, mereka masih punya jadwal beberapa kali lagi uji coba sebelum liburan akhir tahunSambil jalan, kita tunggu saja progresnya seperti apa, dan siapa yang paling dulu mengomeli tim barunya(aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marseille Gagal ke Puncak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler