Salju Longsor, Sembilan Pendaki Alpen Tewas

Kamis, 12 Juli 2012 – 22:52 WIB

CHAMONIX - Sembilan orang pendaki dilaporkan tewas menyusul longsor salju di pegunungan Alpen, Chamonix, Prancis, Kamis (12/7). Otoritas setempat menyebut para korban terdiri dari dua warga Spanyol, seorang Jerman, seorang Swiss.

Sisanya adalah tiga orang diyakini sebagai warga Inggris, sementara dua jenazah lainnya belum teridentifikasi. Sedangkan empat jasad lainnya yang  melakukan pendakian belum ditemukan.

Seperti dilansir BBC, Kamis (12/7) peristiwa ini terjadi saat 28 pendaki yang terdiri dari beberapa grup melakukan pendakian pagi di lereng Mont Maudit yang berpuncak di Mont Blanc. Namun sekitar pukul 05:25 alarm tanda bencana longsoran salju berbunyi.

Longsoran salju pun menimpa pendaki. Saat itu mereka diyakini telah mencapai ketinggian 4000 meter.  Tim penyelamat berupaya melakukan pencarian menggunakan helikopter. Juru bicara prefektur Haute-Savoie kepada BBC mengatakan, tim penyelamat masih mencari para korban longsoran.

Mont Modit merupakan jalur pendakian di kawasan pegunungan Mont Blanc yang sering dikunjungi pendaki ketika musim panas. Lokasi ini memiliki puncak  pada ketinggian 4.465 atau puncak tertinggi ketiga di gugusan Mont Blanc.

Otoritas Prancis menyebut bencana tersbut  merupakan musibah pendakian terburuk dalam beberapa tahun terakhir.  Sebelumnya pekan lalu lima pendaki tewas di kawasan Alpen, Swiss.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dipenjara Karena Gigit Hakim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler