Sam Aliano Janjikan Umrah Gratis untuk Korban First Travel

Jumat, 01 Juni 2018 – 15:02 WIB
Sam Aliano saat ditemui di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: Djainab Natalia Saroh/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Kasus penipuan jemaah umrah First Travel yang berujung pada vonis hukuman 20 tahun penjara atas Andika dan 18 tahun atas Annisa Hasibuan menjadi sorotan publik.

Salah satunya pengusaha Sam Aliano. Pria yang ngebet pengin mencalonkan jadi Presiden ini menyayangkan keputusan hakim.

BACA JUGA: Pasang Baliho Nyentrik, Sam Aliano: Boleh dong Berdoa

Menurut Sam Aliano, hukuman tersebut tidak sebanding dengan hasil perbuatan pasangan suami istri itu.

"Ada 66 ribu korban penipuan, mereka hanya berpenghasilan pas-pasan. Susah mereka kumpulkan uang selama bertahun-tahun," kata Sam Aliano di Jakarta.

BACA JUGA: Sam Aliano Laporkan YouTube dan Facebook ke Polisi

Terlebih lagi uang yang bernilai triliunan itu tidak dikembalikan kepada korban penipuan tersebut. Sam menganggap Andika dan Annisa layak dihukum mati.

"Dengan mudah hakim menjatuhkan hukuman ringan, sementara uang (jamaah) tidak dikembalikan. Pelaku kejahatan massal kelas tinggi seperti ini selayaknya dapat hukuman mati atau penjara seumur hidup", ujar Sam lagi. 

BACA JUGA: Sam Aliano Siapkan Rp 5 Miliar buat Penangkap Otak Terorisme

Seperti diketahui, Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, menjatuhkan hukuman penjara masing-masing 20 tahun dan 18 tahun kepada kedua pemilik biro perjalanan tersebut.

Hukuman tersebut lebih ringan dengan tuntutan jaksa yang dibacakan beberapa waktu sebelumnya. Maka dari itu, Sam ingin memberikan umrah gratis kepada masyarakat yang tidak mampu. 

"Pelaku bisa saja mainkan uang yang hampir Rp 1 triliun jumlahnya yang dia curi dari rakyat. Bisa saja dia atur supaya hukuman diperpendek, apalagi ada potongan remisi. Kemudian mereka bebas dan beraksi kembali," tutur Sam.

"Itulah mengapa saya ingin memberikan umrah gratis kepada masyarakat yang tak mampu, supaya mereka terhindar dari aksi jahat penipuan serupa. Saya prihatin dengan aduan masyarakat kepada saya mengenai ini dan berterima kasih bagi yang meng-update info program umrah gratis," tegas Sam.(mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Billy Syahputra Ingin Kunjungi Korban Ledakan Bom


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler