Sambil Didampingi Menpora Amali, Jokowi Asyik Bermain Bola

Minggu, 03 Oktober 2021 – 22:51 WIB
Ada pemandangan yang menarik pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu (2/10) malam. Presiden Jokowi turun dari kursi VVIP atau tribun kehormatan dan diantar langsung Menpora Amali bersama anak-anak Papua menuju lapangan untuk ikut bermain bola. (foto: kemenpora)

jpnn.com, JAYAPURA - Ada pemandangan menarik saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Sabtu (2/10) malam lalu.

Presiden Jokowi yang berada di kursi VVIP atau tribun kehormatan diantar Menpora Amali turun ke lapangan untuk bermain bola bersama anak-anak Papua dan Jack Komboy.

BACA JUGA: Ayu Mempersembahkan 2 Medali Emas PON Papua untuk Mendiang Ibu 

Saat di lapangan, Jokowi kemudian menunjukkan kemampuannya mengolah si kulit bundar bersama Jack Komboy dan anak-anak Papua.

“Bapak Presiden, mari sini dukung kita,” suara ajakan kepada Jokowi.

BACA JUGA: Deretan Pelatih Klub IBL yang Saling Sikut di PON XX Papua

Ketika mendengar suara ajakan itu, pesepak bola Papua yang pernah membela Persipura Jayapura dan timnas Indonesia, Jack Komboy memainkan si kulit bundar bersama tiga orang anak.

Jokowi lantas segera turun dari tribun VVIP menuju lapangan dan bergabung dengan Jack Komboy untuk bermain bola bersama anak-anak.

BACA JUGA: Futsal PON Papua: Gulung Jabar, Tuan Rumah Rebut Medali Emas

Saat Jokowi turun ke lapangan, tampak Menpora Zainudin Amali juga turut beranjak dari tempat duduknya.

Menpora Amali turut turun ke bawah untuk mendampingi Jokowi yang dengan santai dan riangnya bermain bersama Jack Komboy.

Saat bermain bola, Jokowi tetap mengenakan masker dan menggunakan jaket PON.

Setelah itu, Presiden Jokowi menyambut penampil berbaju adat Papua yang menghampirinya dengan membawa tifa.

Presiden ketujuh Indonesia itu lantas menabuh tifa yang menjadi penanda dibukanya gelaran PON XX Papua 2021.

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Jokowi dalam laman Kemenpora.

Api PON XX kemudian dinyalakan oleh pesepak bola top asli Papua yang kini membela Borneo FC, Boaz Solossa. Kehadiran Boaz diiringi oleh letusan kembang api warna-warni.

Dengan di bukanya gelaran PON XX 2021, Jokowi berharap ajang tersebut bisa sukes den berjalan lancar.

“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” ungkap Jokowi.

Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI), Marciano Norman dalam laporannya menyampaikan bahwa PON Papua akan dimulai tanggal 2 hingga 15 Oktober mendatang.

Meski baru dibuka Sabtu, (2/10), beberapa pertandingan telah dimulai sejak 22 September lalu.

PON XX Papua diikuti 34 kontingen dari 34 provinsi dengan jumlah atlet sebanyak 6.116 atlet tamu dan 923 atlet asal Papua dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga yang terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan.

Gelaran ini akan memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu. (kemenpora/mcr16/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler