Sambut 2022, BTN Siapkan Sejumlah Jurus untuk Memperkuat Digitalisasi Layanan KPR

Kamis, 16 Desember 2021 – 19:55 WIB
Bank BTN. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) menerapkan sejumlah strategi untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi secara digital.

Di antaranya menggandeng platform jual beli berbasis teknologi, penambahan fitur anyar pada aplikasi mobile banking, hingga membangun aplikasi baru.

BACA JUGA: Sebelum Meninggal Dunia, Laura Anna Sempat Masuk IGD: Aku Masih Perjalanan

Wakil Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Nixon LP Napitupulu menjelaskan salah satu strategi perseroan lainnya adalah dengan bermitra dengan penyedia platfom jual beli rumah berbasis teknologi.

Dalam hal ini, Bank BTN bermitra dengan Pinhome. Selain itu BTN juga aktif mengembangkan mobile banking, dan aplikasi BTN Properti dan Smart Residence. 

BACA JUGA: Hoya Sync III, Lensa Kacamata yang Didesain Khusus untuk Era Digital

“Platform properti digital lain seperti Pinhome, diyakini akan terus memberikan peningkatan layanan dalam berbagai hal seperti pengajuan KPR, update stok properti, pre-kualifikasi KPR serta layanan pendukung seperti jasa rumah tangga yang dibutuhkan oleh pemilik properti,” ujar Nixon di Jakarta, Kamis (16/12).

Nixon berharap dengan menggandeng pihak ketiga bisa meningkatkan penyaluran KPR BTN, layanan operasional dan memperluas akses pengajuan KPR online, serta menambah kanal penjualan properti bagi developer yang bermitra.

BACA JUGA: Schneider Electric & Kemendikbudristek Perkuat Kompetensi Vokasi untuk Pelajar SMK

“Hal tersebut menjadi bukti Bank BTN terus berinovasi dan juga secara bersamaan merangkul platform properti lainnya seperti Pinhome, Lamudi dan lain sebagainya untuk bisa maju bersama meningkatkan layanan di bidang properti,” kata Nixon.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operation, IT and Digital Banking BTN Andi Nirwoto menuturkan, seiring dengan kebutuhan masyarakat akan kemudahan bertransaksi secara digital, perseroan terus melahirkan inovasi dan solusi digital baru untuk memanjakan para nasabah dan calon debiturnya.

Salah satunya dengan pengembangan BTN Properti yang pengunjungnya  mencapai 5,3 juta hingga 30 September 2021.

“BTN properti saat ini didukung  lebih dari 3.300 developer dengan jumlah unit yang terdaftar melampaui 750 ribu unit dan raihan KPR mencapai Rp 750 miliar,” paparnya.

Menurut Andi, melalui program digital mortgage-nya,  Bank BTN melakukan launching revamp desain antarmuka (UI/UX) aplikasi BTN Properti dengan memberikan tampilan baru yang lebih minimalis, segar, simple, user friendly.

Dan mudah digunakan, serta juga lebih interaktif dan fitur pencarian yang lebih akurat dan relevan bagi masyarakat.

Andi menjelaskan revamp ini akan memberikan warna dan napas baru pada BTN property, serta juga mengedepankan gaya komunikasi, kecepatan dan transparansi proses digital ala milenial.

“Kami juga secara bertahap terus melakukan pengembangan fitur pada BTN Properti dalam mewujudkan BTN Properti menjadi platform One Stop Housing solution milik BTN sesuai dengan roadmap dan corporate planning BTN sampai dengan 2025, yaitu mengembangkan suatu ekosistem mortgage berbasis digital,” kata Andi.

Dia mengungkapkan, pengembangan digital mortgage ecosytem Bank BTN tidak berhenti di aplikasi BTN Properti namun terus berlanjut pada aplikasi lainya, yaitu BTN Smart Residence yang diluncurkan bersamaan dengan HUT KPR ke 45.

Aplikasi tersebut menyasar pengelola residensi (perumahan atau apartemen) dan penghuni rumah.

BTN Smart Residence merupakan terobosan baru dalam menciptakan jembatan komunikasi antara penghuni dan pengelola residence.

Dengan adanya Smart Residence, BTN bisa meningkatkan fee based income dari transaksi yang terjadi lewat aplikasi Smart Residence dan peningkatan Dana Pihak Ketiga.

Pembayaran pun bisa dilakukan dengan mudah melalui channel mobile banking BTN.

"Bagi penghuni rumah/apartemen, mereka akan lebih praktis dalam membayar tagihan dan melakukan pengaduan ke pengelola apartemen/perumahan,” jelas Andi.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler