Sambut DOB, Massa Penuhi DPR

Kamis, 25 Oktober 2012 – 10:30 WIB
JAKARTA -- Puluhan massa memenuhi gedung Nnusantara II gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/10). Massa datang untuk mengikuti rapat paripurna DPR yang salah satu agendanya adalah persetujuan Rancangan Undang-undang Daerah Otonomi Baru.

Massa yang mengenakan baju batik, itu duduk rapi di lantai menyaksikan siaran televisi parlemen. Kendati sidang paripurna dimulai, massa dengan tertib menunggu. "Ini ada yang dari Cimahi, dari Pangandaran dan lain-lain, datang untuk menyaksikan paripurna soal pemekaran," kata salah satu warga ditemui JPNN, di Nusantara II DPR.

Ekspresi kegembiraan tampak di wajah massa yang hadir itu. Mereka bersenda gurau menunggu sidang paripurna dimulai. "Perjuangan untuk pemekaran sudah lama, sampai lima tahun. Tapi ini termasuk cepat, ada yang sudah tujuh, delapan tahun, masih berjuang," ungkap dia.

Seperti diketahui, dalam rapat antara Panitia Kerja DOB Komisi II DPR dan Menteri Dalam Negeri serta menghadirkan Komite I DPD,  Senin (22/10), menetapkan lima DOB, terdiri dari satu provinsi dan empat kabupaten. Selain Kalimantan Utara sebagai provinsi baru, empat DOB yang terbentuk adalah Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak (keduanya Papua Barat), serta Kabupaten Pesisir Barat (Lampung). Empat kabupaten baru itu dibentuk dalam RUU terpisah dengan Kaltara.

Selain lima daerah yang disahkan itu, empat calon DOB lain sejatinya diusulkan untuk ditetapkan. Mereka adalah Kabupaten Malaka (NTT), Kabupaten Mahakam Ulu (Kalimantan Timur), Kabupaten Musi Rawas Utara (Sumatera Selatan), dan Kabupaten Mamuju Tengah (Sulawesi Barat). Namun, dalam pembahasan internal antara DPR, pemerintah, dan DPD, empat wilayah tersebut dinilai belum memenuhi syarat. Itu akan dibahas pada masa persidangan berikutnya. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Instruksikan Tolak Kongkalikong

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler