Sandiaga dan Gekrafs Jatim Gelar Diskusi Ekonomi Kreatif Hingga Lapangan Kerja

Selasa, 01 Agustus 2023 – 15:40 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno ketika bersama anak muda di Gresik. Dok: Tim media Sandiaga.

jpnn.com, GRESIK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) menggelar acara "Ngobrol Pintar (Ngopi) Ekonomi Kreatif" di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat Gresik yang mampu bangkit dalam segala resiko untuk bersama-sama menciptakan solusi peluang usaha serta membuka lapangan pekerjaan.

BACA JUGA: Tiket Cawapres PDIP Jadi Rebutan 3 Tokoh, Pakar: Sandiaga Paling Unggul

"Ngobrol Pintar ini kami bertemu pelaku ekonomi kreatif yang sangat semangat membantu menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja," ujar dia dalam siaran persnya, Selasa (1/8).

Dia pun mengapreasiasi Bupati Gresik yang berhasil meningkatkan ekonomi. Namun, dia menyebut masih banyak masyarakat yang kesulitan dan kesusahan, terutama mengenai ketersediaan lapangan kerja dari kalangan muda.

BACA JUGA: PPP Sebut Duet Ganjar-Sandiaga Uno Komposisi Pas jadi Suksesor Jokowi-Maruf

"Ekonomi kreatif memberikan solusi kepada kedua permasalahan tersebut, karena bisa membuka usaha dan lapangan kerja dan melalui digitalisasi memastikan harga-harga bahan pokok itu stabil," ujar dia.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan pengembangan dan pemulihan ekonomi kreatif di Indonesia bisa berlangsung baik dengan berbagai kreatifitas dan inovasi yang ada.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Berikan Bazar Sembako Murah Untuk Bantu Masyarakat Batam

Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat dilihat dari stabilnya sejumlah harga-harga kebutuhan pokok.

"Saya akan all out melihat bagaimana kita bisa memulihkan ekonomi dan bisa menghadirkan solusi sesuai harapan masyarakat," kata Sandiaga.

"Persoalan dapat pulih melalui aplikasi teknologi, ini proses usaha kita dengan peningkatan pasokan, lancarnya distribusi, juga kesejahteraan dari masyarakat harga-harga bahan pokok yang terjangkau," sambung dia.

Dalam hal politik, generasi milenial dinilai memiliki ketertarikan. Menurut Menparekraf, anak muda diharapkan dapat fokus ciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang terbuka untuk menghadirkan solusi permasalahan Indonesia.

"Kegiatan ini harapannya supaya masyarakat fokus bahwa kontestasi demokrasi bukan hanya politik mencari kekuasaan atau jabatan, namun pengabdian pemberdayaan kontestasi yang membuka peluang usaha," kata Sandiaga.

Dia menuturkan dari diskusi yang digelar, dapat dilihat animo milenial cukup tinggi terhadap politik. Sandiaga mengakan pihaknya mengarahkan agar milenial fokus dulu di bidang ekonomi dan menciptakan peluang usaha.

"Jadi, mereka tidak hanya ikut meramaikan tanpa ada manfaatnya," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengapresiasi Cak Rian sebagai Ketua Gekrafs Jawa Timur dan Gus Yani selaku Bupati Gresik.

Sebab, acara tersebut bisa dikemas dengan menarik dan dia pun menginginkan program bermanfaat dapat terus digulirkan supaya ekonomi Indonesia terus bertumbuh. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masyarakat Madura Merasa Terbantu Dengan Program Sembako Murah Sukarelawan Sandiaga


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler