Sandiaga Dengarkan Curhat Penulis Ibu Kota Soal Industri Kreatif

Kamis, 20 Oktober 2016 – 23:23 WIB
Sandiaga Uno dan Dian S. Andryanto. Foto: ist for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Industri ekonomi kreatif di Jakarta masih perlu perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satu bidang ekonomi kreatif yang masih perlu banyak perhatian adalah bidang sastra.

Seorang penulis, Dian S. Andryanto bersama penulis lainnya mengaku masih mengalami kesulitan untuk menerbitkan buku di ibu kota. Salah satu karyanya yang berjudul #sayabelajarhidup SIMFONI masih diproduksi secara mandiri.

BACA JUGA: Aceng Fikri Saja Dimakzulkan, Masa Ahok Didiamkan

"Buku-buku kita diterbitkan independen. Jadi enggak di dalam mainstream penerbitan buku besar," kata Dian di Jakarta, Kamis (20/10).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah memiliki program perpustakaan elektornik untuk membangun ekonomi kreatif. Namun Dian merasa program tersebut masih perlu diperbaruhi dari sektor pemberdayaan.

BACA JUGA: Istri Wagub Tegaskan Anak dengan Disabilitas Harus Mendapat Pendidikan

Dian berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa benar-benar mewadahi dan memberdayakan para pelaku ekonomi. Dia bilang perlu ada campur tangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyokong industri ekonomi kreatif seperti yang dia lakoni.

"Mudah-mudahan pemerintah dapat menggali potensi-potensi para penulis yang ada saat ini dan mengoptimalkan lagi penulis berbakat," tandas dia.

BACA JUGA: Serangan Terduga ISIS di Tangerang Cuma Pengalihan Isu Pilkada?

Sementara bakal calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menerangkan industri kreatif menyumbang tujuh persen dari produk domestik bruto. Diperkirakan tahun 2025 akan tumbuh sampai 12 persen.

"Ini kesempatan kita untuk mengembangkan industri ekonomi kreatif," terang Sandi.

Karena itu, Sandi berkeinginan untuk mewadahi pembinaan para sumber daya manusia pelaku industri ekonomi kreatif. Dia bilang industri ekonomi kreatif Jakarta punya peluang untuk membuka lebihb banyak lagi lapangan pekerjaan.

"Kita sudah pikirkan hal itu, mas Anies sudah godok program untuk menghidupkan para penulis? dan kebudayaan di Jakarta. Sedangkan saya (Sandi) akan membuat sektor ekonomi kreatif tumbuh pesat di Jakarta," tandas Sandi. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggota Diserang, Polisi Tingkatkan Kesiagaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler