Sandiaga Uno Jawab Keluhan Kanang Nelayan dari Tuban

Kamis, 14 Februari 2019 – 19:15 WIB
Sandiaga Uno (tengah). Foto: dari Instagram sandiuno

jpnn.com, TUBAN - Salah seorang nelayan asal Panyuran, Pantai Kelapa, Tuban, Jawa Timur, bernama Kanang (37) mengeluhkan harga rajungan yang terus turun. Padahal 2018 lalu, harganya masih tinggi.

Kanang mengungkapkan hal itu, saat berdialog dengan calon wakil presiden Sandiaga Uno di pinggir Pantai Kelapa, Tuban, Jawa Timur, Kamis (14/2).

BACA JUGA: Subhan Mengeluh Harga Bawang ke Sandi, Hasto: Mobilnya Bagus

"Saya nelayan dari Pantai Kelapa, perwakilan dari konco-konco nelayan di sini. Saya bingung, harga rajungan turun jauh. Harga rajungan masih Rp 80 ribu pada 2018 lalu, sekarang hanya Rp 30-35 ribu," ujar Kanang.

BACA JUGA: Sejak SMA, Sandiaga Uno Sudah Kebal Bullying

Pria ini kemudian bertanya solusi yang akan diberikan Prabowo-Sandi jika terpilih di Pilpres 2019 nantinya.

BACA JUGA: Sandi: Allah Sudah Menentukan Presiden dan Wakil Presiden 2019 - 2024

Menanggapi pertanyaan tersebut, Sandi menyatakan nelayan adalah prioritas dalam program kerja pasangan calon presiden nomor urut 02. Demikian juga dengan petani, buruh dan pelaku usaha kecil, serta menengah. Ia berjanji akan berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kami berkomitmen, insyaallah jika terpilih melayani masyarakat Indonesia. Karena nelayan kelompok yang diprioritaskan, kami akan menstabilkan harga tangkapan rajungan supaya tidak anjlok seperti sekarang," ucapnya.

Sandi menilai, salah satu upaya menjaga harga rajungan stabil, dengan membangun industri bagi rajungan. Misalnya, cangkang rajungan diolah menjadi herbal. Namanya glukasomim, sangat baik untuk persendian.

"Ada potensi yang lebih besar yaitu mengolah cangkang rajungan menjadi suplemen. Para pelari, penderita radang sendi membutuhkan suplemen ini. Lari adalah gaya hidup, tidak hanya di Indonesia tapi dunia,” katanya.

Sandi meyakini, dengan membangun industri kreatif pengolahan rajungan, maka tidak ada yang terbuang nantinya.

“Insyaallah, jika saya dan Pak Probowo terpilih akan menghadirkan industri padat karya cangkang rajungan yang menghasilkan daging dan cangkang untuk ekspor. Ini akan menggerakkan ekonomi masyarakat, hingga menyejahterakan para nelayan Pantai Kelapa,” pungkas Sandi. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandiaga Mengaku Sering Dibully Saat Bersekolah di Pangudi Luhur


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler