Sandiaga Uno Mengajak Investor Membangun Destinasi Wisata Kalbar

Kamis, 09 Februari 2023 – 17:45 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Gubernur Kalbar Sutarmidji memberikan keterangan pers terkait potensi wisata Kalbar di Pontianak, Kamis (9/2/2023). (FOTO ANTARA/Sucia Lucinda)

jpnn.com - PONTIANAK - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Kalimantan Barat memiliki destinasi wisata serta kuliner yang lengkap dan menarik. Dia berjanji mengajak para investor bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat membangun destinasi wisata yang ada di Bumi Khatulistwa ini. 

“Saya akan mengajak para investor untuk kerja sama dengan Pemprov Kalbar dalam membangun destinasi wisata, sehingga tercipta peluang usaha dan lapangan kerja yang banyak,” katanya saat menghadiri peluncuran "Kalbar Calender Of Event Fest" Tahun 2023 dan Pelatihan Pelaku Ekonomi Kreatif Pemula di Pontianak, Kalbar, Kamis (9/2).

BACA JUGA: Sandiaga Uno tidak Mau Bahas Lagi Soal Utang Anies Baswedan

Sandiaga meyakini bahwa Kalbar sebagai provinsi terbesar di Kalimantan bisa menjadi lokomotif untuk kebangkitan ekonomi daerah itu.

Sebab, kata Sandi, selain destinasi wisata, Kalbar juga memiliki sumber daya yang melimpah.

BACA JUGA: Sutarmidji Meresmikan Jembatan Korek-Pasak, Masyarakat 6 Desa Ini tidak Terisolasi Lagi

“Ini harus dikelola dengan baik. Saya yakin Pak Gubernur (Gubernur Kalbar Sutarmidji) dan jajarannya punya semangat yang sangat mumpuni berkaitan dengan inovasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sandiaga mengatakan bahwa kegiatan di Kalbar sangat beragam dan menarik sehingga provinsi ini layak untuk dikunjungi.

BACA JUGA: Inilah 5 Destinasi Wisata Unggulan di Pesisir Barat Lampung

Sandi, panggilan akrab Sandiaga Uno, berjanji akan mengajak seluruh masyarakat nusantara dan mancanegara, baik itu dari Malaysia, Brunei Darussalam, untuk berwisata ke Kalbar.

“Kemarin saya juga sempat berbicara dengan Menteri Pariwisata Malaysia yang kebetulan orang Sarawak, nanti kami akan duduk bersama Menteri Pariwisata Malaysia dan Menteri Besar Sarawak serta Pak Gubernur Kalbar untuk lebih berkolaborasi,” kata Sandiaga Salahuddin Uno.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan potensi wisata di daerah ini sangat banyak.

Menurut dia, ada sekitar 325 destinasi wisata di Kalbar.

Dia menambahkan sasaran utama destinasi wisata yang akan dikembangkan ialah Pantai Temajuk di Kabupaten Sambas. 

“Yang harus dikembangkan itu Temajuk, karena pantainya sangat panjang dan bersih. Kalau sudah ada yang berani berinvestasi membangun hotel, itu bagus sekali,” ungkap Sutarmidji.

Menurut Sutarmidji, dengan infrastruktur jalan yang sudah bagus, maka akan lebih mudah dan lancar untuk menuju ke Temajuk.

“Akan banyak wisatawan Malaysia, Sarawak, Kuching yang ingin berkunjung ke Temajuk juga. Karena pantai kita bersih, ada ciri khas tersendiri, seperti penangkaran penyu, ubur-uburnya panen setahun dua kali,” ujarnya.

Dia bahkan juga berharap masyarakat dapat mengembangkan kuliner-kuliner yang tidak ada di tempat lain, seperti paceri nanas, mangga muda, buah-buahan yang unggul, seperti durian jemongko.

“Itu kalau dikembangkan sangat menarik. Ciri khas yang dimiliki itulah yang akan menarik para wisatawan akan berkunjung ke tempat wisata kita (Kalbar),” pungkas Sutarmidji. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler