Sandiaga Uno Minta Insinyur Membantu Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 18 Desember 2021 – 22:06 WIB
Menarekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Kongres XXII Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Bali, Sabtu (18/12/2021). Foto: Dok. PII

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menarekraf) Sandiaga Uno meminta para insinyur untuk bantu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya, sektor paling terdampak Pandemi Covid-19.

Dia percaya peran insinyur sangat signifikan dalam menanggulangi keadaan tersebut.

BACA JUGA: Menparekraf Gandeng Universitas Terbuka Fasilitasi Pelaku Ekonomi Kreatif

Sandiaga mengatakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif paling terdampak pandemi, terlebih lagi di Bali.

Dia menyebut upaya-upaya membangkitkannya harus dilakukan. Insinyur dapat berperan penting dan strategis, terutama dalam digitalisasi UMKM.

BACA JUGA: Sandiaga Uno: Jangan Panik Menghadapi Varian Omicron

“Workshop Digital Womenpreneurship dapat membantu UMKM khususnya dengan pelaku perempuan untuk naik kelas," ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya di Kongres XXII Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang digelar di Bali, Sabtu (18/12/2021).

Sandiaga Uno juga mengatakan momen pertemuan G20 yang akan digelar di Bali tahun depan, juga harus dimanfaatkan untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA: PII Berikan Penghargaan Kepada Tiga Insinyur Termasuk Soekarno

Dia juga meminta para insinyur membantu sector pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali, untuk menghadapi pertemuan G20 tahun depan.

Dalam kesempatan itu, dia mengumumkan kementerian yang ia pimpin, baru saja menerima penghargaan dari Ikatan Pimpinan Tinggi Perempuan Indonesia (IPIMTI).

Penghargaan tersebut diterima karena IPIMTI menganggap Kemenparekraf sebagai kementerian dengan pengarusutamaan gender terbaik se Indonesia, dengan persentase mencapai 40 persen.

“Kami juga ingin PII terus meningkatkan peran perempuan. Kami dari Parekraf baru saja mendapat penghargaan dari IPIMTI sebagai kementerian dengan pengarusutamaan gender terbaik Indonesia," ujarnya.

Dia menganggap dalam keluarga, keputusan untuk berwisata maupun membeli produk-produk ekonomi kreatif, sangat ditentukan oleh sang ibu.

Oleh karena itu, dalam dunia pariwisata dan ekonomi kreatif, keberpihakan terhadap perempuan adalah sesuatu yang sangat bermanfaat.

“Kalau menentukan (pergi) berpariwisata, yang menentukan bapak-bapak atau ibu-ibu, (jawabannya) ibu-ibu. Jadi, kita perlu membawa pemikiran ibu-ibu ke dalam pariwisata kita. Kalau beli produk-produk ekonomi kreatif, yang menentukan bapak-bapak atau ibu-ibu? (jawabannya) ibu-ibu. Jadi, kita harus arus utamakan," ujar Sandiaga Uno.

Letua Umum PII Heru Dewanto menyebutkan transformasi digital telah mendorong ekonomi inklusif, yang memungkinkan semua pelaku bisnis termasuk UMKM untuk menjadi bagian dari pasar dunia dengan membuka akses ke global marketplace.

"Insinyur memiliki peran penting untuk bantu meningkatkan daya saing pelaku UMKM melalui keahliannya," ujar Heru Dewanto

Terkait pemberdayaan perempuan, PII melalui Forum Perempuan Insinyur yang dipimpin Hetifah Sjaifudian menyelenggarakan workshop "Women Entrepreneurship," dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM perempuan, sekaligus Pameran UMKM di BNDCC Bali.

“Dengan workshop ini diharapkan pelaku UMKM benar-benar dapat memanfaatkan transformasi digital secara maksimal," ujarnya.

Anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian menambahkan kegiatan Lokakarya Digital Womenpreneurship telah memberikan kesempatan kepada para perempuan pelaku usaha kreatif di Bali untuk meningkatkan rasa percaya diri dan literasi teknologi mereka.

“Melalui lokakarya ini para peserta juga dapat meningkatkan kolaborasi dengan sesama. Kehadiran Mas Sandi di tengah-tengah mereka sungguh menjadi penyemangat yang tidak ternilai. Semoga bisa menambah motivasi para pelaku ekraf untuk bangkit dari pandemi," ujar Heru.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler