Satgas Covid-19 KKU Gratiskan Tes Usap Antigen Penumpang Pelabuhan Teluk Batang

Rabu, 27 Januari 2021 – 09:14 WIB
Petugas Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kayong Utara memeriksa penumpang kapal yang tiba di Pelabuhan Teluk Batang. (HO Satgas)

jpnn.com, KAYONG UTARA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan tes usap antigen untuk mendeteksi penularan virus corona pada penumpang dari luar daerah yang datang melalui Pelabuhan Teluk Batang.

"Jika menemukan suhu tubuh penumpang angkutan air yang tiba di Pelabuhan Teluk Batang lebih dari 37,3 derajat celsius maka akan dilakukan (tes) swab antigen oleh petugas," kata Camat Teluk Batang Hambali saat dihubungi pada Rabu (27/1).

BACA JUGA: Menpora: Kayong Utara Tumbuhkan Semangat Tinju Indonesia

Hambali mengatakan pemeriksaan pada penumpang yang baru datang di Pelabuhan Teluk Batang ini rutin dilakukan.

Baik itu penumpang yang datang dari Kota Pontianak, maupun Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya.

BACA JUGA: Covid-19 Indonesia Tembus Juta, Begini Reaksi Gus Jazil

"Kami mengecek suhu badan dan memastikan penumpang menggunakan masker," jelasnya.

Hambali mengatakan sampai saat ini berdasarkan hasil pemeriksaan di Pelabuhan Teluk Batang belum ada penumpang kapal yang terindikasi terserang Covid-19

BACA JUGA: Rekor Baru Kasus Covid-19 di Indonesia

"Sampai saat ini belum ada satu orang pun kami temukan," katanya.

Hambali memastikan layanan pemeriksaan antigen yang disediakan di pelabuhan gratis.

Ia menjelaskan bahwa warga yang ingin menjalani pemeriksaan antigen juga bisa mendatangi Puskesmas Teluk Batang.

"Kalau ada warga yang ingin melakukan swab antigen untuk keperluan ke luar daerah tetap kami beri. Hasilnya kurang lebih 15 menit, gratis, dan kami siapkan di Puskesmas," katanya.

Kepala Bidang Transportasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara Turwan mengatakan bahwa dinas masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi Kalbar mengenai upaya pengendalian Covid-19 dalam pelayanan transportasi darat dan laut.

"Untuk kapal kelotok maupun speed boat jurusan KKU ke Rasau jaya maupun ke Kota Pontianak, ini kan transportasi antarkabupaten dalam provinsi, jadi yang mengeluarkan izinnya provinsi. Kalaupun harus ada batasan tentunya kami menunggu instruksi dari provinsi," katanya.

Yang pasti, pihaknya telah menginstruksikan kepada KUPT untuk tetap menaati protokol kesehatan dan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler