Satpol-PP Kini Punya Tupoksi Baru, Mulia Sekali Ya...

Kamis, 23 Februari 2017 – 03:30 WIB
Satpol PP. dok. JPG

jpnn.com - jpnn.com - Tugas pokok dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) kini tidak lagi hanya menegakkan peraturan daerah (perda).

Merujuk pascanomenklatur UU No23/2014 tentang Pemerintah Daerah, kini juga membidangi kebakaran, baik itu kebakaran lahan maupun rumah di permukiman.

BACA JUGA: Trio Bule Rusia Ketahuan Mengamen di Jalanan

“Tugasnya mengoordinasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Satpol-PP daerah (kabupaten/kota)," kata Sekretaris Satpol-OP Sumsel, Leni Milana, kepada Sumatera Ekspres (Jawa Pos Group), Rabu (22/2).

Namun dari 17 kabupaten/kota di Sumsel, tidak semuanya bergabung.

BACA JUGA: Dedek-Dedek Gemes Ngapain di Pojokan?

Dari inventarisasi yang dilakukan, hanya sembilan daerah yang Satpol-PP terpisah dari Pemadam Kebakaran (Damkar), yakni Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, PALI, dan Musi Rawas.

“Terpisahnya Damkar dan Satpol-PP itu karena SDM-nya sudah mencukupi,” sebut Leni.

BACA JUGA: Panas-Panasan sambil Hafalkan Pancasila

Untuk Satpol-PP dan Damkar yang masih bergabung ini, lanjut Leni, kemungkinan kekurangan pejabat eselon untuk melengkapi setiap jabatan di dinas tersebut. “Satpol-PP Provinsi Sumsel fungsinya memetakan saja, daerah rawan kebakaran di Sumsel,” pungkasnya.

Kabid Pemetaan Kebakaran Satpol-PP Sumsel, Syamuddin, menambahkan dari rapat koordinasi dengan kabupaten/kota, hasilnya diketahui masih banyak daerah yang kekurangan alat pemadam kebakaran. Satu desa bahkan kecamatan, ada yang tidak memiliki mobil Damkar.

Ketika terjadi kebakaran, harus menunggu mobil Damkar dari kabupaten. Bahkan, mobil Damkar harus didatangkan dari pemda sebelah (yang berbatasan). "Idealnya satu daerah (desa/kecamatan) itu satu mobil," ucapnya.

Namun mengingkat anggaran yang dimiliki masing-masing kabupaten/kota, tidak sama. "Untuk Kota Palembang sudah ada 27 Damkar. Ini sudah cukup banyak. Sedangkan untuk daerah lainnya, masih minim (ada yang hanya dua Damkar). Karena itu, kami terus menata alat pemadam api ini," tukasnya. (yun/air/ce4)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indekos Mahasiswa Dirazia, Beginilah Hasilnya


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
satpol PP  

Terpopuler