Satu Jemaah Calon Haji Asal Lampung Meninggal Dunia di Makkah

Rabu, 12 Juni 2024 – 08:18 WIB
Nomor atau kartu haji dari salah satu jemaah calon haji asal Kabupaten Lampung Timur yang meninggal dunia di tanah suci Makkah. ANTARA/HO-Kemenag Lampung

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Seorang jemaah calon haji (calhaj) atas nama Muhamaad Qoiyim Syukuri asal Provinsi Lampung meninggal dunia di tanah suci Makkah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung Puji Raharjo mengatakan almarhum meninggal dunia sekitar pukul 11.00 WAS.

BACA JUGA: 3 Jemaah Calon Haji Asal Sumut Wafat di Tanah Suci

"Hari ini kami dapat kabar duka, bahwa ada satu calhaj asal Kabupaten Lampung Timur meninggal dunia," kata Puji di Bandarlampung, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa Muhamaad Qoiyim Syukuri meninggal dunia di Rumah Sakit King Faishal Makkah setelah mengalami sesak napas dan mendapatkan perawatan medis selama dua hari.

BACA JUGA: Banyak Jemaah Calon Haji Indonesia Tertipu, Wantim MUI Bereaksi Keras

"Laporan dari Ketua Kelompok Terbang (Kloter) 30 JKG asal Lampung Timur, bahwa almarhum meninggal karena sesak napas. Almarhum kelahiran 25 Oktober 1956 ini meninggal dunia di Rumah Sakit King Faishal setelah mendapatkan perawatan selama dua hari," katanya.

Puji mengatakan bahwa calhaj yang meninggal tersebut berangkat ke tanah suci pada 24 Mei 2024 dalam kondisi normal dan sehat.

BACA JUGA: Gibran: Terima Kasih, Mbak Puan dan Pimpinan PDIP

Kakanwil Kemenag Lampung menyatakan telah meneruskan informasi atau kabar duka tersebut ke pihak keluarga calhaj yang meninggal dunia.

"Pihak keluarga juga sudah kami beritahukan kabar duka dari tanah suci. Kemudian juga untuk jenazah almarhum tidak dibawa pulang karena memang setiap jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci akan dimakamkan di sana," kata dia.

Puji Raharjo pun menyampaikan belasungkawa dan duka yang mendalam atas meninggalnya salah satu calhaj Provinsi Lampung dari Lampung Timur itu.

"Saya atas nama pribadi dan keluarga besar Kementerian Agama Provinsi Lampung mengucapkan Innalillahi wainna ilaihi rajiun, duka yang mendalam atas berpulangnya bapak Muhamaad Qoiyim Syukuri salah satu calhaj asal Lampung Timur, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan," kata dia.

Diketahui bahwa total calon haji asal Lampung yang sudah berangkat ke tanah suci Makkah berjumlah 7.276 orang, yang terbagi dalam 19 kelompok terbang. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menuju Kecepatan Tak Tertandingi, Yamaha Bakal Kenalkan Teknologi Turbo!


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler