Satu Komando Menuju Indonesia Maju, Banser Komitmen Siaga 24 Jam Layani Kebutuhan Masyarakat

Senin, 14 Oktober 2024 – 20:30 WIB
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2024 di Hotel Oasis Amir Senen, Jakarta Pusat, Selasa-Rabu (15-16/10). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2024 di Hotel Oasis Amir Senen, Jakarta Pusat, Selasa-Rabu (15-16/10).

Rakornas yang akan dihadiri oleh 170 personalia yang terdiri dari perwakilan Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) hingga Satuan Khusus Banser ini mengusung tema Satu Komando untuk Indonesia Maju.

BACA JUGA: Perayaan HUT TNI, Addin: Banser Siap Menjadi Komcad untuk NKRI

“Melalui tema ini, tentu Banser seluruh Indonesia akan menyatukan komitmen di bawah instruksi pimpinan di Ansor. Sekaligus menjadi penopang, komponen cadangan sesuai kebutuhan negara dan pemerintahan ke depan,” kata OC Rakornas Banser Komandan Ismul di Jakarta, Senin (14/10).

“Kita akan menjadi bagian integral tak terpisahkan dari setiap kebutuhan masyarakat. 24 jam untuk melayani kebutuhan masyarakat sesuai tupoksi satuan kebanseran,” lanjutnya.

BACA JUGA: Polisi Gelar Reka Ulang Adegan Penyerangan Rombongan Kiai NU dan Banser di Karawang

Diketahui, Rakornas Banser 2024 ini akan mengusung sejumlah agenda untuk dibahas ke depan. Di dalamnya akan ada pembahasan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) satuan kebanseran.

“Acara ini juga sekaligus akan mengukuhkan Jajaran Satuan Khusus di Banser dan membahas terkait Juklak dan Juknis Kebanseran sebagai bahan dalam Konbes Ansor mendatang. Ini untuk mempermudah panduan dan petunjuk mengenai kebanseran 2024-2029,” imbuhnya.

BACA JUGA: Soal Isu Pembubaran MLB NU, Ini Pesan Gus Salam untuk GP Ansor, Banser, dan Pagar Nusa

Menurut Komandan Ismul, ini adalah bagian implementasi dari seruan Ketua Umum PP GP Ansor Addin Jauharudin agar Banser dicintai oleh masyarakat. “Apabila ada masyarakat butuh tenaga pemadam kebakaran, Banser ada satuan khususnya. Bencana, ada Bagana. Lalu lintas juga demikian. Sebagaimana instruksi Bang Ketum Addin, agar kita dekat dengan kebutuhan masyarakat dan dicintai oleh mereka,” pungkasnya.

Banser mempunyai 8 Satuan Khusus diantaranya adalah Corp Provost dengan fungsi menjaga marwah, etika, dan disiplin organisasi. Lalu Datasemen Khusus 99 Asmaul Husna yang mempunyai fungsi mengamankan program keagamaan dan program sosial kemasyarakatan sebagai partisipasi Ansor terhadap negara dalam menghadapi tantangan global utamanya terorisme dan radikalisme.

Selain itu juga ada Satuan Khusus Banser yang lain seperti Protokoler, Banser Tanggap Bencana, Banser Penanggulangan Kebakaran, Banser Lalu Lintas, Banser Maritim, dan Banser Husada.

Filosofi Logo

Selain tema, Rakornas Banser 2024 juga telah menetapkan logo yang menyerupai Burung Elang Bondol yang sayapnya melingkari lambang Banser.

“Burung Elang Bondol menunjukkan tempat, satwa endemik Jakarta, tempat pelaksanaan kegiatan. Sementara melindungi lambang Banser. Artinya, kepemimpinan yang mengayomi pasukan dan terus berkhidmat dalam akidah Aswaja,” terang Komandan Ismul.

Logo Rakornas Banser memiliki dua komposisi warna. Pertama hijau yang bermakna bergerak maju, serempak saru barisan. Kedua cokelat emas bermakna optimisme, modern, dan aman. Sementara font yang digunakan adalah Barlow Bold.(dkk/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler