Satu Lagi Impian Bu Risma Terwujud

Ajak Generasi Muda Teladani Tokoh Berprestasi

Sabtu, 08 Mei 2021 – 18:00 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meresmikan Museum Olahraga dan Rehabilitasi Gelora Pancasila di Jalan Padmosusastro Nomor 12, Surabaya, Sabtu (8/5). Foto: Kemensos.

jpnn.com, SURABAYA - Satu lagi impian Menteri Sosial Tri Rismaharini semasa menjabat wali kota Surabaya, Jawa Timur, terwujud.

Hal itu menyusul diresmikannya Museum Olahraga dan Rehabilitasi Gelora Pancasila di Jalan Padmosusastro Nomor 12, Surabaya, Jatim, Sabtu (8/5).

BACA JUGA: Impian Bu Risma Terwujud, Jembatan Sawunggaling Diresmikan

Sebelumnya, satu impian sosok yang karib disapa Bu Risma itu juga sudah terwujud. Yakni, ketika Jembatan Sawunggaling, Surabaya, diresmikan pada Sabtu (1/5) lalu.

Untuk memotivasi generasi muda meneladani tokoh berprestasi, diperlukan sebuah wahana yang salah satunya adalah museum olahraga.

BACA JUGA: Keinginan Bu Risma Bakal Terwujud, Alhamdulillah

“Ini mimpi lama saya saat mulai jadi wali kota, museum mengumpulkan banyak prestasi oleh mereka yang telah berprestasi bagi bangsa,” ujar Mensos Risma saat bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Museum Olahraga dan Rehabilitasi Gelora Pancasila di Surabaya, Sabtu (8/5).

Menurut dia, tokoh-tokoh itu tidak hanya berjasa bagi Kota Surabaya, tetapi mereka juga mengharumkan nama bangsa di luar.

BACA JUGA: Mensos Tri Rismaharini Melapor Kepada KPK

Bu Risma menambahkan prestasi tidak mesti semata-mata di bidang akademik. Namun, kata dia, prestasi bisa di bidang apa pun.

Salah satu contohnya adalah para tokoh yang telah mengibarkan Indonesia dalam percaturan dunia internasional.

Kehadiran museum menjadikan anak-anak ke depan tidak salah memilih idola dan bisa mengambil motivasi dari tokoh dan orang berprestasi.

“Jika tidak ada wahana berupa museum, maka anak-anak belum tentu tahu mereka yang telah berprestasi dan membawa nama harum Indonesia di tengah dunia, ” katanya.

Eri Cahyadi menyambut baik kehadiran museum agar menjadi contoh bagi anak-anak Surabaya dan tempat lainnya di Indonesia.

“Supaya anak-anak punya contoh dan insyaallah mengetahui perjuangan mereka yang berprestasi kepada bangsa dan negara. Untuk koleksi, akan terus bertahap ditambah, ” ujar Eri.

Museum Gelora Pancasila kembali lagi di bawah Pemkot Surabaya pada 2018 usai sebelumnya dikuasai pihak lain.

Museum berfungsi untuk olahraga masyarakat dengan fasilitas lapangan basket, voli, lapangan thor (lapangan sepak bola dan lintasan atletik bersatandar internasional), sehingga dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Museum Olahraga Surabaya (MOS) dibangun dan diabadikan untuk mengenang, menghargai jasa para pahlawan olahraga (atlet) yang berasal dari Jatim yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia.

Peresmian museum ditandai penekanan sirine, dilanjutkan penandatanganan prsasti, pengguntingan untaian melati, serta dilanjutkan peninjauan ke museum.

Dalam museum, terdapat memorabilia para atlet seperti kostum pertandingan yang mereka gunakan, foto kemenangan, medali, peralatan tanding olahraga, dan pengunjung bisa berfoto melalui photobooth dengan para atlet secara virtual. (*/jpnn)

 

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler