Satu..Dua..Tiga! Proses Brexit Sudah Dimulai

Rabu, 29 Maret 2017 – 19:02 WIB
PM Inggris Theresa May menandatangani surat permohonan Brexit. Foto: AP

jpnn.com, LONDON - Inggris telah resmi memberitahukan niatnya untuk meninggalkan Uni Eropa, blok di mana Inggris telah 44 tahun menjadi anggota.

Rabu (29/3) siang, Duta Besar Inggris untuk Uni Eropa, Tim Barrow membawa surat atau dokumen yang telah ditandatangani oleh PM Inggris Theresa May, Selasa (28/3).

BACA JUGA: Brexit Dimulai 29 Maret, tapi Itu Tidak Mudah...

Dalam surat itu tercantum permohonan resmi Inggris keluar dari Uni Eropa, atau yang dikenal dengan istilah Brexit. Dengan surat itu, Inggris telah memicu Article 50, pasal terkait dengan keluarnya anggota dari Uni Eropa. Proses Brexit resmi dimulai.

BACA JUGA: DPR Inggris Tak Sudi Dengar Pidato Trump

Foto: AP

Metro melansir, Tim Barrow tiba di gedung Uni Eropa di Brussels, Belgia. dengan sedan hitam. Dia keluar dari mobil dengan sebuah tas yang diyakini berisi dokumen dan surat dari Theresa May.

BACA JUGA: Cabuli Kuda Tetangga, Julian Kena 10 Tahun Penjara

Foto: AP

Inggris memiliki waktu setidaknya dua tahun untuk menegosiasikan segala hal dengan Uni Eropa.

Tak lama setelah Tim Barrow tiba di gedung UE di Belgia, PM May memberitahu House of Commons (dewan rakyat, majelis di parlemen), bahwa dia telah membuka Article 50, kunci keluar dari Uni Eropa.

Dari sejumlah foto yang beredar, PM May menandatangani surat permohonan itu di atas sebuah meja di ruang kabinet, Downing Street 10, Selasa malam. Surat yang terdiri dari beberapa halaman itu, dibawa dari London ke Brussels dengan kereta Eurostar.

"Kita (Inggris) adalah negara dengan sejarah yang membanggakan, dengan masa depan yang cerah. Sekarang keputusan telah dibuat untuk meninggalkan Uni Eropa. Saatnya kita bersatu," kata May menyeru rakyatnya. (adk/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Brexit Dibuat 2 Jalur dengan Mekanisme Kecepatan Tinggi


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Brexit   Inggris  

Terpopuler