SBY Bermimpi Minum Kopi Bersama Megawati, Jokowi, dan Presiden ke-8, Ini Kata Kamhar

Selasa, 20 Juni 2023 – 12:57 WIB
Pak SBY beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menangkap pesan rekonsiliasi dalam bingkai silaturahmi politik menyikapi twit Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyoho atau SBY.

Pak SBY mengungkap mimpinya satu hari setelah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Ketua PDIP Puan Maharini (putra SBY ketemu putri Megawati Soekarnoputri).

BACA JUGA: Puan-AHY Bertemu, Masing-Masing Bawa Pesan dari Megawati dan SBY

"Ada semangat rekonsiliasi dalam bingkai silaturahmi politik kebangsaan," kata Kamhar pada Selasa (20/8).

Dia mengatakan sangat penting para tokoh politik bersilaturahmi dalam dinamika politik menyambut Pilpres 2024.

BACA JUGA: Bacawapres Anies Baswedan Akhirnya Sudah Mengerucut 1 Nama, Disetor kepada SBY, Siapa Dia?

"Makin kompleksnya problematika kebangsaan yang dihadapi dan memasuki tahun politik menjelang Pilpres 2024, maka silaturahmi politik di level elite menjadi penting untuk menciptakan suasana yang kondusif, teduh, dan menyejukkan," tutur Kamhar.

Dia mengatakan semua pihak tentu tidak ingin dinamika politik dengan tensi yang terlalu tinggi dan panas seperti pada Pemilu 2019 kembali terjadi pada 2024.

BACA JUGA: Kamhar Demokrat Kritik Jokowi yang Kasak-kusuk Soal Pencapresan, Belajarlah dari SBY

Menurutnya, ada potensi persatuan dan kesatuan bangsa terancam apabila tensi politik tinggi seperti 2019 terus terulang.

Dia mengatakan SBY dalam twitnya menekankan soal rekonsiliasi dalam bingkai silaturahmi.

"Jadi pesan ini melampaui sekadar politik kontestasi 2024 mendatang. Namun lebih dari itu, ini bagaimana mewujudkan Indonesia sebagai negara maju, Indonesia Emas 2045," katanya.

SBY dalam twitnya pada Senin (19/6) kemarin mengungkap mimpi suatu saat nanti Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi) datang ke kediaman mantan Menko Polhukam RI itu di Cikeas, Jawa Barat. 

Setelah prosesi itu, SBY bersama Jokowi menjemput Megawati Soekarnoputri di kediaman Presiden kelima RI itu untuk bersama menuju Stasiun Gambir. 

"Selanjutnya kami bertiga menuju Stasiun Gambir," kata SBY dalam twitnya.

SBY dalam mimpinya kemudian mengungkapkan di Gambir itu sudah ada Presiden kedelapan RI yang sudah membeli karcis kereta api tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur bagi para pendahulu. 

SBY kemudian mengungkapkan antara dirinya, Jokowi, Megawati, dan Presiden kedelapan RI berkumpul sebelum kereta tujuan tiba. 

"Sejenak kami berempat minum kopi sambil berbincang-bincang santai," kata SBY. 

SBY selanjutnya mengatakan kereta api tujuan pun tiba di Gambir, sehingga membuatnya bersama Megawati dan Jokowi naik menumpangi kendaraan tersebut. 

Kereta api lantas berhenti di Solo, Jawa Tengah dan ketiga pimpinan RI itu berpisah ke tempat tujuan masing-masing.

"Sampai di Solo, Pak Jokowi dan saya turun dari kereta. Pak Jokowi kembali ke kediamannya, saya terus ke Pacitan dengan bus. Sedangkan Ibu Megawati melanjutkan perjalanan ke Blitar utk berziarah ke makam Bung Karno," kata SBY. (ast/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler