SBY Diyakini Tak Setuju Ibas Jadi Ketua Fraksi

Jumat, 30 September 2011 – 20:12 WIB

JAKARTA - Wakil Sekjen Partai Demokrat (Wasesjen PD), Syofwatillah Mohzaib yakin Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak menyetujui kalau putranya Edy Baskoro Yudhoyono (Ibas) diberi tugas baru sebagai Ketua Fraksi PD di DPR menggantikan Muhammad Jafar Hafsah.

“Saya menghargai maksud baik kawan-kawan di Partai Demokrat menjadikan Mas Ibas sebagai ketua fraksiTapi saya yakin Ketua Dewan Pembina tidak menyetujuinya," kata Syofwatillah Mohzaib, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (30/9).

Pertimbangan mendasar bagi Ketua Dewan Pembina tidak mengizinkan Ibas jadi ketua fraksi lanjutnya, antara lain karena Ibas saat ini berada dalam posisi penggerak mesin partai

BACA JUGA: RUU Jaminan Produk Halal Tertahan di Komisi VIII

"Jadi bukan karena alasan ketidakmampuan Ibas
Tapi karena Ibas saat ini memikul tanggung jawab besar di partai," tegasnya.

"Terlebih disaat PD tengah menghadapi ujian berat

BACA JUGA: SBY dan Pimpinan Parpol Jangan Lindungi Mafia Anggaran

Jika Ibas menjadi ketua fraksi, justru menambah beban bagi beliau dan partai," lanjutnya


Selain itu, posisi ketua fraksi sangat strategis dan serius sehingga membutuhkan perhatian khusus yang tidak terbagi-bagi dengan banyak tugas di partai

BACA JUGA: Inilah Enam Hakim Agung Terpilih

“Saya kira Pak Jafar Hafsah sudah tepat dan selama ini juga sudah baik menjadi ketua fraksi dan itu penugasan mulia dari Pak SBY,” tegasnya.

Terkait wacana tentang Jafar Hafsah digeser dari jabatan ketua fraksi dalam rangka memuluskannya untuk masuk ke kabinet, Syofwatillah mengingatkan agar kader PD tidak perlu kasak-kusuk karena reshuffle adalah kewenangan penuh Presiden SBY.

“Tidak usahlah kita ribut-ribut, sok tahu dengan reshuffle, itu kan urusan presidenPak SBY itu orang yang cerdas dan bijak, beliau lebih tahu siapa yang harus diganti dan siapa yang menggantikanSaya juga kurang setuju orang yang sok tahu dengan merunut-runut calon-calon menteriKan kasihan dengan pihak-pihak yang disebut tapi tidak jadi kenyataan,” jelasnya lagi.

Sebelumnya Anggota FPD di DPR, Ruhut Sitompul mewacanakan agar Ibas dijadikan ketua fraksi disamping sebagai sekjen PDRuhut juga mengusulkan agar Jafar diberikan posisi yang lebih baik di kabinet yaitu menjadi menteri pertanian(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ruhut : Selamat Jalan Sahabatku Gayus Lumbuun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler